Simak Deh Fakta-fakta tentang Petrichor, 'Aroma' Hujan yang Disukai Banyak Orang

Simak Deh Fakta-fakta tentang Petrichor, 'Aroma' Hujan yang Disukai Banyak Orang

Kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang suka dengan petrichor. Itu lho, semacam 'aroma' yang biasanya muncul setelah hujan reda. Pernah mencium 'aroma'-nya kan?

Aroma hujan ini ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah. Yap, soalnya emang ada mitos kuno tentang petrichor ini. Langsung aja, simak deh fakta-fakta tentang petrichor, 'aroma' hujan yang disukai banyak orang.

#1 Sebenernya hujan gak ada aroma atau bau apa pun

#1 Sebenernya hujan gak ada aroma atau bau apa pun Hujan sebenernya gak ada aroma atau bau apa pun gengs~ (wordswork.com)

Sebenernya, hujan tuh gak ada aroma atau bau apa pun. Itu adalah fakta yang gak bisa dibantah lagi. Sebab, hujan adalah proses turunnya air ke Bumi secara alami. Sebabnya adalah akumulais uap air yang tertahan menjadi awan.

Makanya, hujan tuh gak ada wangi, aroma, atau bau apa-apa. Tapi kenapa ada petrichor? Nah, petrichor ini adalah kombinasi senyawa kimia yang khas dilepaskan oleh tanaman ke udara.

Petrichor sendiri dihasilkan dari mikroorganisme yang telah membusuk dan diserap oleh tanaman sebagai nutrisinya. tanaman bakal segar dan mengeluarkan senyawa kimiawi tersebut ke udara, terlebih setelah tetesan air turun dalam jumlah yang banyak.

#2 Orang yang suka petrichor biasanya suka dengan sesuatu yang wanginya segar

#2 Orang yang suka petrichor biasanya suka dengan sesuatu yang wanginya segar Biasanya kamu emang suka sama wangi yang segar gengs (mensjournal.com)

Hujan kan gak punya aroma atau wangi apa pun tuh, tapi petrichor itu disukai banyak orang. Kenapa begitu? Soalnya orang-orang yang suka dengan petrichor biasanya suka banget sama sensasi wangi yang segar.

BBC.com pernah menulis bahwa apa yang dihirup manusia saat hujan adalah mlekul yang dibuat oleh bakteri atau mikroorganisme tadi. Molekul itu bernama geosmin yang menghasilkan sensasi wangi menyegarkan.

Molekul tadi dilepas ke udara bersama senyawa kimia tanaman. Akhirnya jadilah aroma petrichor yang sering disebut 'aroma' hujan. Kalo kamu suka, kamu emang bener-bener suka sama sensasi wangi yang segar dari banyak hal. Nggak cuma air hujan aja sih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"