Serupa Tapi Tak Sama, Yuk Kenali Keindahan Batik dari Berbagai Kota di Indonesia

Serupa Tapi Tak Sama, Yuk Kenali Keindahan Batik dari Berbagai Kota di Indonesia

Batik dari berbagai kota di Indonesia masing-masing memiliki keunikan karena dipengaruhi oleh kepercayaan, adat, dan hal terkait etnis lainnya. Walaupun sekilas terlihat sama, namun sebenarnya motifnya sangat beragam sehingga bisa dikenali dari mana asalnya.

Batik sendiri adalah seni tekstil tradisional yang khas dari Indonesia, terlepas dari perbedaan corak, motif, dan teknik batik yang mencerminkan kekayaan budaya dan sejarahnya. Teknik pembuatan batik telah ada sejak berabad-abad yang lalu dan terus berkembang hingga saat ini.

Kira-kira apa saja sih ciri-ciri batik Nusantara? Bagaimana membedakannya satu sama lain? Nah, agar dapat mengenalnya lebih dalam, yuk jelajahi keindahan dan keunikan batik dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Batik Yogyakarta

Batik dari Berbagai Kota di Indonesia (via JOGJA KEREN)

Batik Yogyakarta, juga dikenal sebagai batik Jogja, memiliki ciri khas motif yang elegan dan bernuansa tradisional. Motif yang sering ditemukan antara lain Parangkusumo, Ceplok, Truntum dan Sidomukti. Batik Yogyakarta juga sering menggunakan warna-warna yang natural, seperti cokelat, hitam, dan putih.

2. Batik Solo



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"