Sering Dianggap Sepele, Begini Cara Mengatasi Rice Cooker Cepat Bau dan Bikin Nasi Cepat Basi

Sering Dianggap Sepele, Begini Cara Mengatasi Rice Cooker Cepat Bau dan Bikin Nasi Cepat Basi

Nasi menjadi salah satu makanan wajib yang harus ada di menu orang Indonesia. Kini cara membuat nasi pun cukup mudah, hanya tinggal dimasak menggunakan rice cooker.

Saat ini, hampir semua orang memiliki rice cooker di rumah. Namun, banyak yang mengeluhkan bahwa nasi cepat basi meski diletakkan di rice cooker. Padahal, setiap rice cooker memiliki fitur penghangat nasi yang seharusnya membuat nasih tetap awet, bukan?

Ternyata, ada beberapa faktor penyebab nasi cepat basi meski diletakkan ataupun dipanaskan di dalam rice cooker, lho. Salah satunya adalah karena nasi tidak diaduk setelah matang.

Dilansir dari akun Facebook milik Mikrajuddin Abdullah, kebiasaan mengaduk nasi setelah matang bisa membuat nasi tahan lama.

Pasalnya, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi. Air tersebut datang dari uap panas yang terbentuk di dalam rice cooker. Jika tidak diaduk, maka air bisa terperangkap cukup lama di dalam nasi. Hal itulah yang bisa membuat nasi jadi cepat basi dan lembek.

Sedangkan jika nasi diaduk setelah matang, maka kita membuat ruang antara butiran nasi. Ruang kosong tersebut memudahkan air yang terperangkap di bagian dalam menguap keluar. Dengan begitu, jumlah air yang terperangkap di dalam nasi akan berkurang sehingga nasi awet cukup lama.

Selain itu, penyebab nasi cepat basi yaitu karena kondisi rice cooker yang mulai rusak.

Dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (17/3/2022), salah satu masalah umum yang dialami oleh rice cooker yang mulai rusak adalah munculnya bau dan membuat nasi di dalamnya menjadi cepat basi.

Cara Mengatasi Rice Cooker Cepat Bau dan Bikin Nasi Cepat Basi (DetikFood - Detikcom)

Nah, berikut cara mengatasi rice cooker yang membuat nasi cepat basi dan bau, dikutip dari kanal YouTube ISB_CHANNEL:

1. Perhatikan arus listrik ke rice cooker

Pastikan steker rice cooker tercolok ke stop kontak utama dengan sempurna demi mencegah bau dan membuat nasi basi. Jangan colokan steker rice cooker ke stop kontak bercabang.

Semakin banyak percabangan, semakin membuat arus listrik yang mengalir ke rice cooker menjadi tidak stabil. Akibatnya, rice cooker tidak bekerja dengan optimal. Jadi, colokan steker rice cooker langsung ke stop kontak utama.

2. Buang sisa uap air di penampungan

Tampungan sisa uap air di rice cooker lama-kelamaan akan kotor dan mengendap sehingga bisa mengakibatkan bau meresap masuk ke rice cooker. Untuk itu, buang dan bersihkan tampungan uap air ini secara rutin.

3. Bersihkan rice cooker

Rice cooker bau terkadang disebabkan uap air yang meresap sampai ke bagian dalam tutup rice cooker. Oleh karena itu, segera bersihkan bagian ini. Lap bagian dalam tutup rice cooker dengan kain lap bersih.

Apabila pinggiran tutup bagian dalam rice cooker terdapat karet, jangan lupa membersihkannya dengan sempurna agar uap yang kotor terserap di kain.

Bersihkan juga bagian dalam rice cooker dengan teliti sampai bersih dari kotoran. Bersihkan juga teflon sebelum dipakai memasak nasi.

4. Cabut steker rice cooker setiap malam

Tips berikutnya adalah rutin mencabut steker rice cooker pada malam hari. Cabut steker rice cooker sekitar pukul 21.00-05.00.

5. Gunakan daun pandan saat memasak nasi

Sebagai alternatif dalam menetralisir bau, gunakan daun pandan setiap kali memasak nasi di rice cooker. Cukup masukkan beberapa ikat daun pandan ke beras yang akan dimasak di rice cooker.

Selamat mencoba!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"