Septic Tank Meledak Setelah Disulut Api, Alasannya untuk Membuktikan Tidak Ada Gas Metana

Septic Tank Meledak Setelah Disulut Api, Alasannya untuk Membuktikan Tidak Ada Gas Metana

Nekat menyulut septic tank dengan api, seorang petugas penyedot WC berinisal SI tewas. Septic tank yang ditanganinya meledak di daerah Cakung karena dia membakar koran di lubang septic tank.

Dikutip dari Detik.com, pria tersebut melakukannya karena ingin membuktikan tidak ada gas lagi di lubang septic tank. Apa yang dilakukan pria ini sejak awal sangat berbahaya. Septic tank menyimpan gas metana dalam waktu yang sangat lama. Bahkan gak diketahui berapa kadarnya. Kalau dengan sengaja dibakar, hal yang sangat wajar terjadi adalah menimbulkan ledakan.

Septic Tank Meledak Setelah Disulut Api (YouTube NET.Z)

Dalam video yang beredar terlihat sesaat sebelum terjadi ledakan SI menginjakkan telapak kakinya ke lubang septic tank sehingga menutupi lubang tersebut.

Menurut ahli kesehatan lingkungan sekaligus konsultan pengolahan limbah Abie Wiwoho, tidak benar mengecek keberadan gas dengan cara menyulut api. Di dalam septic tank ada gas H2S (Hidrogen sulfida), gas metan dan protein yang terurai. Rokok saja bisa menyebabkan ledakan.

Karena tidak ada aturan baku pembuatan septic tank, maka juga gak ada aturan baku untuk petugas pembersih. Gak ada SOP buat mereka yang bekerja sebagai tukang sedot WC.

Biar bagaimanapun, mendekatkan septic tank dengan api itu berbahaya. Apalagi hingga menyulut langsung. Septic tank meledak setelah disulut api adalah hal wajar terjadi.

Jadi gengs, jangan pernah membuktikan tidak ada gas metana dengan memperbolehkan petugas sedot WC menyulut api. Nanti malah meledak rumah kau. Kalau punya tetangga yang bekerja sebagai petugas sedot WC, beritahu deh, kalau septic tank bisa meledak setelah disulut api.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"