Seorang Pilot Rekam Kondisi Langit Jakarta dari Atas Pesawat

Seorang Pilot Rekam Kondisi Langit Jakarta dari Atas Pesawat

Belum lama ini, ramai dibahas soal meningkatkan polusi udara di dunia. Dan ternyata, hal ini juga terjadi di ibukota Indonesia, yakni Jakarta.

Seperti unggahan dari seorang pilot melalui akun Instagram @kenjrot, dirinya mengunggah kondisi langit Jakarta pada Minggu (13/8). Terlihat jelas jika langit tersebut benar-benar diselimuti kabut putih.

Dalam captionnya, sang pilot menjelaskan hal tersebut.

"In case, kalo pas siang hari menganggap itu cuma "mendung", ini ada foto yang ane ambil sekitar 10 menit sebelum mendarat di Jakarta : polusi udara."

Ia juga mengatakan kalo polusi tersebut masih terlihat saat siang dan malam. Ketika siang, kondisinya akan seperti kabut, namun saat malam maka akan berpendar.

Seorang pilot mengunggah kondisi langit Jakarta yang dipenuhi polusi (via instagram)

"kalo malem dia berpendar, dapet dari pantulan cahaya perkotaan. pas waktu foto ini diambil, batas ketinggian "kabut polusi" ini ada di 6200 kaki di atas permukaan air laut. pas mulai menurut melewati 6000 kaki, bau polusi nya menyeruak tipis masuk ke kabin pesawat. hidung eug yang sensitif ini langsung bisa ngerasain. 5 menit kemudian, hidung langsung gatal dan tenggorokan mulai keset," ceritanya.

Dari unggahannya, sang kapten juga menjelaskan bila polusi bakal semakin parah di atas jam 10 malam hingga sebelum matahari terbit.

Tak sedikit netizen pun menanyakan apa alasannya.

"Partikelnya yg tadi melayang tinggi karena panas muka bumi, jadi turun lagi dan diem di bawah karena muka bumi udah turun suhu nya pas udh malem," jawabnya.

"Please, please do, pake masker lagi kalo ada aktifitas di luar rumah. kalo di dalem rumah, tutup pintu dan jendela. Kalo ada rejeki, pake air purifier," tutupnya



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"