Selain Singapura, Spanyol Akan Jadi Negara Yang Melarang Adanya Iklan Es Krim, Cokelat, dan Minuman Manis

Selain Singapura, Spanyol Akan Jadi Negara Yang Melarang Adanya Iklan Es Krim, Cokelat, dan Minuman Manis

Tak hanya Singapura, negara maju yang mulai mengampanyekan pola hidup sehat pada masyarakatnya. Kini, ada Spanyol yang ikut melakukan pelarangan iklan makanan atau minuman manis.

Dikutip dari ANTARA, Spanyol melarang munculnya iklan makanan atau minuman tidak sehat seperti cokelat, biskuit, dan es krim yang bertujuan untuk mengingatkan kepada kaum muda agar pentingnya menghindari resiko obesitas.

"Anak-anak sangat rentan terhadap iklan dan merupakan kewajiban kami untuk melindungi mereka," kata Menteri Alberto Garzon di Twitter.

Spanyol menyusul Singapura dalam membuat peraturan pelarangan adanya iklan minuman dan makanan ringan di masyarakat (via kompas.com)

Menurut Alberto, ada 5 kategori produk yang akan dilarang diiklankan kepada anak di bawah umur, terlepas dari kandungan nutrisinya, yakni cokelat, permen, energy bar juga kue, biskuit manis, jus, es krim dan minuman energi.

Produk lainnya juga akan memiliki regulasi apabila mengandung lemak jenuh tinggi, gula hingga garam yang melebihi batas tertentu.

Menurut asosiasi konsumen OCU, sembilan dari sepuluh iklan makanan yang ditujukan pada anak-anak adalah untuk produk yang tidak sehat.

Langkah yang masih perlu persetujuan dari kabinet, akan mempengaruhi iklan yang ditujukan pada anak-anak di bawah 16 tahun di televisi, radio, bioskop dan internet, termasuk juga media sosial hingga aplikasi mobile.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"