Selain Indonesia, 7 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Di Bulan Agustus, Nomor 4 Tepat Pada 17 Agustus

Selain Indonesia, 7 Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan Di Bulan Agustus, Nomor 4 Tepat Pada 17 Agustus

Tepat pada 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan  yang ke-77. Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) selalu disambut antusias dan berjalan meriah. Mulai dari upacara bendera hingga menggelar berbagai perlombaan.

Tapi yang perlu diketahui, ternyata ada banyak negara yang menyatakan kemerdekaan di bulan Agustus. Bahkan, ada negara yang hari kemerdekaannya sama seperti Indonesia yakni pada 17 Agustus. Negara mana itu? Berikut 7 negara yang merdeka di bulan Agustus selain Indonesia.

1.    India

Hari kemerdekaan India yang disebut dengan Swatantra Diwas jatuh pada tanggal 15 Agustus. Tepat di tahun 1947, masyarakat India merayakan lepasnya negara dari jajahan Inggris.

2.    Korea Selatan

Foto: Hari Kemerdekaan Korsel (Detikcom)

Sama seperti Indonesia, Korea Selatan baru saja merayakan kemerdekaan yang ke-77 pada 15 Agustus 2022. Tepat di tanggal tersebut tahun 1945, Korea Selatan menyatakan diri lepas dari kekuasajaan Pemerintah Jepang. Hari kemerdekaan Korea Selatan dikenal Gwangbokjeol.

3.    Kongo – 15 Agustus

Negara bekas jajahan Prancis ini memutuskan untuk merdeka pada 15 Agustus 1960. Selama masa penjajahan wilayah ini dikenal dengan nama French Congo atau Middle Congo. Tapi kini, negaranya dikenal dengan Republik Kongo.

4.    Gabon – 17 Agustus



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"