Sekolah Tinggi Ilmu Beruk, Jangan Kalah Pintar!

Sekolah Tinggi Ilmu Beruk, Jangan Kalah Pintar!

Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) mengajari beruk untuk menjadi pemetik kelapa profesional. Alumninya sudah tersebar di berbagai daerah.

Gak cuma manusia, sekarang hewan juga ada sekolahnya.

Sekolah khusus beruk ini berdiri Melalui Badan Usha Milik Desa (Bumdes), Desa Apar Kota Pariaman. Di sekolah tersebut nantinya beruk akan diajarkan bagaimana cara memetik buah kelapa.

Beruk-beruk di Kota Pariaman ini bisa menjadi percontohan beruk untuk daerah-daerah lainnya gengs. Siapa tahu juga ada yang mau studi banding. Karena Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) Pariaman ini adalah yang pertama dan satu-satunya.

Beruk aja sekolah dulu gengs, kamu jangan kalah ya. Rajinlah belajar biar gampang cari kerjaan kayak beruk yang sekolah itu.

Kepala STIB Mandiri, Hamidul Adhar mengatakan, sekolah beruk ini baru didirikan tahun 2019. Sekolah tersebut bakal ngajarin bagaimana cara memetik buah kelapa yang cepat. Supaya beruk-beruk tersebut jadi pemetik kelapa profesional.

Beruk memanen kelapa (omswami.com)

"Beruk - beruk ini nanti akan dilatih oleh pelatih yang berpengalaman dibidangnya. Seperti yang mengerti tentang beruk," kata Hamidul, dikutip dari convesia.com.

Dikatakan Hamidul, di STIB nantinya bakal ada kurikulum khusus yang akan diajarkan kepada beruk. Seperti pengenalan diri (memberi makan dan memandikan), mengenalkan kepada beruk kelapa yang diletakan ditengah pohon kelapa, beruk diajarkan memutar kelapa bolong yang dimasukan kekayu.

Wah, lengkap kan mata pelajarannya. Dari dasar sampai tingkat ahli.

"Kemudian beruk diajarkan menjatuhkan kelapa yang sudah digantungkan, selanjutnya diajarkan memetik buah kelapa, baik itu muda maupun tua, dan setelah pandai, baru beruk sudah siap untuk diturunkan ke lapangan," sebutnya.

Pelatih Beruk (Youtube Gery Arsuma)

Seekor beruk perlu disekolahkan selama 6 bulan sampai satu tahun tergantung rajinnya beruk belajar. Kayak manusia juga gengs, ada yang rajin dan ada yang bandel gitu.

Beruk betina biasanya lebih patuh sedangkan yang jantan lebih nakal sehingga kadang-kadang dihukum oleh pelatihnya tapi tidak sampai melakukan penyiksaan. LAh sama kayak rata-rata kelas, yang cewek pada rajin.

Yang membutuhkan waktu relatif lama adalah saat beruk liar muda (baru berumur 1 tahun sampai 2 tahun dianggap sudah layak disekolahkan) adalah saat memperkenalkan dengan pohon kelapa dan buahnya, termasuk bersosialisasi dengan pelatih dan lingkungannya.

Sikola Baruak

Bila beruk sudah mengerti perintah tuannya, gesit memanjat sampai ke puncak pohon kelapa setinggi sekitar 20 sampai 35 meter, bisa membedakan buah kelapa muda dan tua, mampu memilin atau  memutar buahnya berulang-ulang dengan tangan dan kaki sampai jatuh ke tanah, maka beruk sudah bisa "diwisuda".

Kamu kapan wisuda gengs?

Sekolah beruk sejauh ini memang hanya terdapat di Pariaman. Tapi alumninya tersebar di banyak kota di Sumatera Barat, terutama selain di Pariaman sendiri, juga beroperasi di Padang dan Payakumbuh.

Mungkin ke depannya alumninya bakal tersebar di seluruh Indonesia bahkan internasional.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"