Sejumlah Film Hollywood yang Menang Oscar Tapi Kontroversial dan Penuh Kritik

Sejumlah Film Hollywood yang Menang Oscar Tapi Kontroversial dan Penuh Kritik

Film Hollywood yang bagus tuh banyaaakkk banget. Setiap tahun, ajang Oscar alias Academy Awards digelar untuk memberikan penghargaan kepada deretan sineas berbakat atas karya-karya yang menakjubkan.

Film-film yang masuk dalam nominasi Oscar biasanya cuma ada 2 kemungkinan. Kalo gak karena bagus, berarti film itu 'nyentrik', hehe. Mulai dari The Godfather (1972), Titanic (1997), dan masih banyak lagi.

Di balik itu, ternyata ada sejumlah film Hollywood yang menang Oscar tapi kontroversial dan sarat kritik. Apa aja sih, dan kenapa? Simak deh deretannya.

1. The Matrix (1999)

1. The Matrix (1999) Adegan di film The Matrix (metronews.ru)

The Matrix punya ide yang brilian dan mind-blowing abis! Efek-efek di film ini keren banget, gak pernah kepikiran kali ya di jaman itu bikin ide adegan slo-mo sekece itu.

Atas kerja keras itulah, The Matrix berhasil memenangkan kategori Best Visual Effect pada Oscar tahun 2000. Tapi, banyak yang menyayangkan kenapa film macem Star Wars: Phantom of Manace (1999) malah gak menang Oscar. 

Adegan di film Star Wars episode I (nerdist.com)

Padahal visual effect buat film Star Wars Episode I itu dinilai lebih keren. Jauh lebih kece ketimbang The Matrix. Lebih variatif pula untuk tahun segitu. Coba kalian tonton nih dua-duanya. Gimana pendapat kalian?

2. Chicago (2002)

2. Chicago (2002) Film Chicago (movieguide101.wordpress.com)

Chicago adalah film yang berlatar kehidupan gemerlap di Amerika Serikat dekade 1920-an silam. Ini film berkelas yang asik banget. Ceritanya juga menarik, drama musikal gitu deh.

Film Chicago pun memenangkan banyak penghargaan dari deretan nominasi seperti best Picture, Best Actress, Best Costume Design, dan Best Editing pada gelaran Oscar 2003. Di balik itu, film ini menuai banyak kritik selain pujian.

Adegan di film Moulin Rouge (guru.bafta.org)

Sejumlah kritikus menilai bahwa Chicago adalah film yang biasa aja. Film itu dianggep datar dan cuman untuk menaikkan isu tertentu aja. Yang menang banyak harusnya malah film Moulin Rouge (2001). Udah pernah nonton belom nih?

3. The King's Speech (2010)

3. The King's Speech (2010) Colin Firth yang lagi pidato (amazon.com)

Aktor Colin Firth memerankan Raja George IV dari Inggris yang gagap. Aktingnya bagus, plotnya fokus. Tapi bingung gak sih, kenapa film ini menang banyak juga di Oscar 2011 untuk kategori Best Picture?

Kontroversinya terjadi di sini. Banyak yang menilai juri untuk Oscar gak berkembang. Cara mereka menilai dianggap usang atau kolot. Lagian, udah banyak film bertema sejarah kerajaan ketimbang isu yang lebih aktual untuk tahun itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"