Sejarah Terciptanya Manusia Silver yang Makin Banyak di Jalanan

Sejarah Terciptanya Manusia Silver yang Makin Banyak di Jalanan

Tentu kehadiran manusia silver atau orang yang tubuhnya berwarna perak sering dijumpai di sudut lampu merah. Mereka biasanya meminta uang kepada pengendara mobil atau  motor yang melalui kawasan tersebut. Dicap sebagai profesi yang negatif, padahal awal mulanya manusia silver dulu dikasihani orang.

Manusia silver awalnya muncul karena menarik perhatian pengguna jalan. Mereka rela mewarnai bagian tubuhnya dari ujung rambut hingga ujung kaki untuk meminta uang dalam proses penggalangan dana. Biasanya mereka membawa kardus dengan tulisan penggalanan dana bencana misalnya, membuat pengguna jalan memberikan uang.

Tapi makin lama manusia silver mencari dana bukan untuk aksi sosial melainkan untuk kepentingan pribadi. Hal ini yang membuat orang menjadi malas untuk memberikan uang kepada mereka. Jumlah manusia silver pun semakin banyak, mulai dari anak-anak,  remaja hingga orang dewasa.

Manusia Silver di Jalanan (BritaBrita.com)

Manusia silver konon mendapatkan uang yang lumayan dari hasil minta ke pengguna jalan. Dalam sehari mereka bisa membawa pulang uang berkisar Rp 40 ribu hingga Rp 100 ribu rupiah. Uang itu bisa mereka dapatkan saat cuaca sedang cerah atau dalam kondisi tidak hujan.

Menjadi manusia silver bukan pekerjaan yang  mudah karena mereka harus kejar-kejaran dengan petugas Satpol PP yang sering menciduk mereka di jalanan. Makanya banyak manusia silver yang melihat situasi dan kondisi di jalanan sebelum melakukan aksinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"