Sejarah Penggunaan Kata 'Halo' Pas Teleponan, Padahal Awalnya Gak Mau Dipakai!

Sejarah Penggunaan Kata 'Halo' Pas Teleponan, Padahal Awalnya Gak Mau Dipakai!

Kalian udah biasa banget nelpon dengan awalan kata 'Halo'. Gak cuma nelpon sih, kalau ketemu orang juga biasa pakai kata ini buat menyapa. Pernah kepikiran gak sih asal kata ini? Atau kamu udah membiasakan diri pakai kata yang lain?

Orang yang diseberang, yang kamu telfon dia secara spontan juga akan menggunakan kata 'Halo'. Ternyata emang ada sejarahnya loh penggunaan kata ini gengs.

Masih ingat gak siapa yang menemukan telepon gengs? Yak bener banget, tuan Alexander Graham Bell. Dia sih awalnya gak mau pakai kata halo untuk mulai percakapan melalui telepon.

Alexander Graham Bell (biography.com)

Terus kenapa Halo malah jadi terkenal dan digunakan sampai sekarang?

Ternyata dari dulu kata Halo ini udah terkenal banget gengs. Banyak digunakan berbagai kalangan. Jadi, pas ditemukan telepon, kata ini otomatis digunakan masyarakat.

Menurut The Oxford English Dictionary, kata "halo" ditemukan pada akhir 1820-an dan tercatat digunakan kali pertama pada 1827. Tapi bukan buat sapaan atau teleponan gengs. Artinya lebih ke ungkapan terkejut atau untuk menarik perahatian.

Kata Halo digunakan pertama kali untuk membuka percakapan telepon pada Kata tersebut kali pertama digunakan saat pembukaan District Telephone Company of New Haven pada Januari 1878.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"