Sejarah dan Rangkuman Tragedi Tanggal 13, Hati-Hati Nasib Buruk

Sejarah dan Rangkuman Tragedi Tanggal 13, Hati-Hati Nasib Buruk

Mitos atau fakta sih kalau ditanggal 13 hari jumat banyak kejadian yang aneh? Kamu sendiri udah ngalamin sesuatu yang aneh belum hari ini gengs?

Gimana sih sejarahnya, jumat tanggal 13 bisa jadi hari 'bad luck'? Simak cerita berikut ya.

Dikutip dari Independent.co.uk, takhayul tentang Jumat tanggal 13 sebagai hari buruk, diperkirakan berasal dari Perjamuan Terakhir, dalam kisah Alkitab, yang dihadiri oleh 13 orang, yakni Yesus Kristus dan 12 muridnya. Meskipun sebenernya peristiwa itu terjadi kamis malam.

Peristiwa ini kemudian dijadikan hari Kamis Putih oleh penganut Kristiani, yang menandakan malam sebelum penyaliban Yesus oleh tentara Romawi pada keesokan harinya, Jumat Agung.

Angka 13 juga terkait dengan sosok Yudas Iskariot, pengkhianat Kristus yang menambah jumlah 12 murid pada jamuan terakhir, di mana hal tersebut oleh banyak pihak menyalahi jumlah total bulan penanggalan dalam setahun.

Asosiasi hari buruk pada Jumat tanggal 13 tersebut juga bisa ditelusuri sejarahnya pada eksistensi Raja Philip IV di Prancis, yang menangkap ratusan Kesatria Templar pada Jumat 13 Oktober 1307.

Salah satu tetua (Grand Master) Kesatria Templar, Jacques de Molay, menyatakan kutukan ketika dirinya akan dihukum bakar di depan Katedral Notre Dame.

Ksatria Templar (wallpaperplay.com)

Menurut cerita di tengah masyarakat Prancis, setiap Jumat berikutnya di tanggal 13, nasib buruk akan menimpa mereka yang tidak mempercayai apa yang telah dibela oleh para Ksatria Templar.

Konon, kutukan itu terbukti juga ke keturunan Phillip IV, Louis XVI yang dihukum penggal pada 21 Januari 1793 pukul 05.00.

Meski dianggap irasional, namun ketakutan terhadap legenda keramat Jumat tanggal 13 telah menjadi salah satu pembahasan serius di ranah psikologi, di mana gejalanya disebut dengan istilah paraskevidekatriaphobia.

Menariknya, ketakutan terhadap asosiasi hari dan tanggal tersebut mengalami sedikit perbedaan untuk beberapa wilayah di dunia.

Negara-negara berbahasa Spanyol dan Yunani menyebut Selasa tanggal 13 sebagai hari buruk. Sedangkan di Italia, anggapan serupa justru menyasar hari Jumat tanggal 17.

Di Indonesia sendiri juga menjadi bahan perbincangan tentang Jumat tangg 13 ini. Ada yang percaya dan ada yang hanya menganggapnya hanya sensasi.

Nasib buruk tanggal 13 mitos atau fakta (fordlibrary.org)

Berikut ini rangkuman kejadian buruk yang terjadi di tanggal 13.

1. Jumat, 13 Oktober 1307 Pada hari itu, Raja Perancis mengumpulkan dan menyiksa ribuan Kesatria Templar karena dianggap sebagai orang-orang sesat.

2. Jumat 13 November 1829 Sepuluh ribu orang berkumpul untuk menyaksikan Sam Patch terjun dari gedung the Genesee Falls menuju ke Sungai Genesee di New York. Sebelumnya, dia melompat dari Air Terjun Niagara dan berhasil dengan sukses. Tapi aksi terakhirnya ini gagal.

3. Jumat 13 Oktober 1972 Sebuah pesawat jatuh di pegunungan Andes. Dua belas orang meninggal seketika. Beberapa korban yang selamat terpaksa harus menjadi kanibal untuk bertahan hidup. Duh, ngeri juga ya ini.

4. Jumat 13 Oktober 1972 di Rusia Pada hari yang sama, seratus tujuh puluh empat orang tewas ketika sebuah pesawat Rusia jatuh saat mendarat di dekat Moskow. 

Banyak kejadian buruk di tanggal 13 (beat102103.com)

5. Jumat 13 Oktober 2016 Hampir setengah juta orang kehilangan harta benda saat kota Buffalo, New York, dan sekitarnya terkubur di bawah salju dengan ketebalan 55,9 sentimeter sampai 61 sentimeter.

6. Jumat 13 Oktober 1989 Pasar saham turun 6,91 persen pada hari itu. Peristiwa tersebut adalah hari terburuk kedua dalam sejarah pasar saham. 

7. Jumat 13 Juli 1979 Bob Renphrey seorang pria dari North Wales memutuskan untuk tinggal di tempat tidur setiap hari Jumat tanggal 13 karena serentetan nasib buruk yang dideritanya. Dia mengalami trauma karena setiap hari jumat tanggal 13 dia mengalami nasib buruk seperti berjalan melalui pintu kaca piring, dipecat, dan istrinya yang masuk rumah sakit karena terpukul kepalanya dengan tongkat yang sedianya untuk anjingnya. Lalu, pada hari jumat tanggal 13 lainnya, istrinya wafat karena jatuh dari tangga. 

8. Jumat 13 Juli 1951 setelah berhari-hari hujan deras turun di bagian timur laut Kansas, sungai-sungai meluap dan menghanyutkan krumah-rumah di Topeka, Lawrence, dan Manhattan.

Percaya gak sih bad luck tanggal 13? (mentalfloss.com)

9. Jumat 13 Juli 1821 Nathan Bedford Forrest, salah satu orang paling menakutkan lahir pada hari itu. Dia adalah pendiri Ku Klux Klan yang merupakan kelompok rasis ekstrem di Amerika. Kelompok tersebut mengangap ras kulit putih sebagai yang terbaik dan melakukan pembunuhan terhadap ras kulit hitam. 

10. Jumat 13 Januari 2012 Kapal pesiar Costa Concordia tenggelam di pantai Italia setelah kandas. Peristiwa tersebut menewaskan 32 orang. 

Banyak peristiwa yang serem juga ya gais..

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"