Sederet Keris yang Kesaktiannya tak Perlu Diragukan Lagi, Melegenda di Tanah Jawa!

Sederet Keris yang Kesaktiannya tak Perlu Diragukan Lagi, Melegenda di Tanah Jawa!

Keris adalah senjata tikam yang termasuk salah satu budaya khas Nusantara. Meski banyak sumber mengenai asal-usulnya, mayoritas sejarah mengatakan bahwa keris berasal dari Jawa. Keris berbentuk tidak simetris karena seringkali bilahnya berkelok-kelok.

Umumnya, sebuah keris memiliki tiga bagian yaitu bilah (pisau), hulu (gagang), dan warangka (sarung). Pada zaman dahulu, keris digunakan sebagai senjata dalam duel atau peperangan, sekaligus benda pelengkap sesajen. Namun kini, keris juga menjadi salah satu aksesoris dalam berbusana, simbol kecerdikan budi, atau menjadi benda koleksi yang dilihat estetikanya.

Keris-keris berikut ini memiliki kesaktian dan kharisma yang melegenda di Tanah Jawa.

1. Keris Mpu Gandring

http://www.mustikacakra.com/

Keris tanpa sarung dan berbentuk setengah jadi ini dibuat Mpu Gandring untuk memenuhi pesanan Ken Arok, salah seorang tokoh kriminal. Belum sempat Mpu Gandring menyelesaikan sarung keris, Ken Arok sudah meminta kerisnya dan membunuh Mpu Gandring. Mpu Gandring sempat mengeluarkan kutukan bahwa keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Hal inilah yang akhirnya membuat keris ini banyak menyimpan misteri dan keanehan. Dari mulai pamor keris yang konon bisa mengeluarkan cahaya biru hingga kutukan yang memakan korban jiwa.

2. Keris Pusaka Naga Sasra dan Sabuk Inten



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"