Sebuah Apel Berwarna Ungu Viral di Kanada, Emang Beneran Ada?

Sebuah Apel Berwarna Ungu Viral di Kanada, Emang Beneran Ada?

Masyarakat di Saskatchewan, Kanada sedang heboh mencari apel ungu setelah foto buah tersebut viral di media sosial. Sayangnya, foto-foto tersebut dibuat secara artifisial.

"Kelihatannya menakjubkan. Pasti menyenangkan. Namun, sayangnya, itu tidak nyata," kata Rachelle Hofmeister, seorang ahli hortikultura di Dutch Growers di Regina, Saskatchewan tentang foto-foto tersebut dalam sebuah wawancara dengan CTV News.

Foto asli yang diunggah ke Instagram oleh pengguna Unnaturalist AI menunjukkan beberapa buah apel ungu berkilauan di atas talenan dengan satu buah dibelah dua untuk memperlihatkan bagian dalamnya yang berwarna ungu.

Akun tersebut memberi geotag pada Knott’s Berry Farm — sebuah taman hiburan di California.

Apel ungu yang viral di Instagram (pinterest.com)

Namun, postingan Unnaturalist AI menggambarkan apel ungu tersebut "berasal" dari provinsi Saskatchewan di Kanada, tempat apel tersebut tumbuh subur di iklim dingin dan rasanya seperti "kayu manis dan pisang."

Postingan itu bahkan mengklaim bahwa apel merupakan bahan berharga dalam "saus apel ungu" — makanan lezat yang "dirayakan oleh masyarakat adat Saskatchewan."

"Kami memiliki banyak apel yang dikembangkan di Saskatchewan, tetapi tidak ada satu pun yang berwarna ungu," kata Hoffmeister. "Semuanya memiliki daging buah berwarna putih dan kulit berwarna merah."

Meskipun merupakan pemalsuan yang terang-terangan, postingan itu dengan cepat tersebar luas di X dan Facebook karena pemirsa yang terpesona bertanya-tanya seperti apa rasa apel ungu itu dan di mana mereka bisa mendapatkannya.

Beberapa bahkan berziarah ke pemasok produk di Saskatchewan sendiri untuk menanyakan tentang apel tersebut.  Huhuhu, kesian banyak yang ketipu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"