Seberapa Jauh Kamu Mengenal Fungsi dari Musik Nusantara?

Seberapa Jauh Kamu Mengenal Fungsi dari Musik Nusantara?

Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat tertentu secara turun menurun. Seringkali dikaitkan dengan upacara adat atau ritual tertentu. Nah sebagai masyarakat Indonesia, seberapa jauh nih kamu mengenal jenis musik warisan Nusantara?

(.freepik.com)

Bagi masyarakat indonesia sendiri musik tradisional memiliki beberapa fungsi seperti untuk mengiringi tarian, sarana upacara adat, sarana komunikasi, sarana hiburan, sarana pengungkapan diri, hingga sarana ekonomi. 

Kedudukan musik tradisional dalam upacara adat bersifat mutlak, karena itu biasanya disebut dengan musik tradisi. Contohnya seperti mengumandangkan gendhing-gendhing kuna dengan perangkat gamelan Kyai Guntur Madu pada perayaan Sekaten di Kasultanan Yogyakarta adalah sebuah keharusan yang mutlak. 

Banyak juga tarian tradisional Indonesia yang memang hanya diiringi oleh suara gamelan atau alat musik tradisional lainnya. Bukan hanya sebagai pengiring upacara adat, ritual, tarian, hingga sarana hiburan saja. Ternyata musik tradisional ini juga memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"