Sebenarnya, Nama-Nama Bulan Januari Hingga Desember Itu dari Mana Sih? Ternyata, Ini Asal-Usulnya

Sebenarnya, Nama-Nama Bulan Januari Hingga Desember Itu dari Mana Sih? Ternyata, Ini Asal-Usulnya

Kalian pernah terpikir gak, dari mana sih asal usul nama bulan Januari hingga Desember itu? Nah, perlu diketahui jika nama-nama bulan tersebut berdasarkan tiga sumber berbeda, yakni dewa Yunani dan Romawi, penguasa Romawi, dan angka.

 

Penanggalan Masehi itu sendiri telah mengikuti kalender Gregorian, tetapi didasarkan pada kalender Romawi kuno, yang diyakini ditemukan oleh Romulus, raja pertama Roma sekitar tahun 753 SM.

 

12 bulan tersebut hanya 10 diantaranya yang memiliki nama resmi. Berikut adalah asal usul lengkap asal muasal nama Januari hingga Desember.

 

Januari

Ilustrasi kalender tahunan (tirto)

 

Januari berasal dari kata Janus yakni dewa pintu serta gerbang Romawi. Janus punya dua wajah, satu melihat ke depan dan satu lagi melihat ke belakang.

 

Kaisar roma Julius Caesar yang membuat 1 Januari merupakan hari pertama di setiap awal tahun baru. Hal ini dikarenakan namanya cocok bila digambarkan dengan wajah menghadap ke belakang dan ke depan, sebagai perumpamaan dari tahun baru.

 

Februari

 

Lalu nama Februari berasal dari bahasa latin yaitu Februa yang diartikan sebagai pembersihan. Februa juga merupakan nama sebuah festival penebusan dosa yang diadakan pada setiap tanggal 15 Februari.

 

Maret

 

Berikutnya nama bulan Maret yang berasal dari nama dewa perang Romawi March atau Mars. Kalender Romawi awalnya diawali pada bulan Maret sehingga menjadi bulan paling awal dalam setahun ketika cuaca menjadi hangat untuk memulai perang.

 

Dalam perkembangannya, dilakukan reformasi kalender untuk menambahkan bulan Januari. Bangsa Romawi beberapa kali sudah merubah urutan bulan dari mulai berdirinya Roma sampai jatuhnya Kekaisaran Romawi.

 

April



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"