Sebenarnya "Kera Sakti" Melakukan Perjalanan ke Barat Tuh Kisah Nyata atau Fiktif Sih?

Sebenarnya "Kera Sakti" Melakukan Perjalanan ke Barat Tuh Kisah Nyata atau Fiktif Sih?

Serial "Kera Sakti" pernah sangat populer pada dekade 1990-an lalu. Kisahnya selalu menarik untuk diikuti. Ceritanya adalah tentang petualangan seorang biksu suci bersama tiga muridnya melakukan perjalanan ke Barat.

Mereka adalah biksu suci bernama Tong Sam Chong; kera yang sakti bernama Sun Go Kong; 'siluman' babi Chu Pa-Chieh, dan Sha Ho-Shang.

Perjalanan ke Barat yang dilakukan empat orang ini adalah dalam misi untuk mengambil kitab suci. "Barat" bagian mana tentu tidak dijelaskan dengan detail. Yang pasti kisah petualangannya seru banget.

Kisah Kera Sakti populer banget tahun 1990-an lalu (mojok.co)

Nah, perjalanan ke Barat untuk mengambil kitab suci ini pun menarik perhatian banyak orang. Apalagi banyak juga yang bertanya-tanya, sebenarnya "Kera Sakti" melakukan perjalanan ke Barat tuh kisah nyata atau fiktif sih?

Berbeda dengan serial "Kera Sakti" yang seru itu, sebenarnya perjalanan itu dilakukan oleh seorang bernama Xuan Zang. Dia adalah Tong Sam Chong dalam serial "Kera Sakti". Dia pun dikisahkan melakukan perjalanan ke Barat seorang diri.

Perjalanan ke Barat yang dilakukan Xuan Zang sebenarnya menuju sebuah kawasan di India.

Nah, lebih lengkapnya lagi ... kisah ini sebetulnya adalah kisah dalam karya sastra kuno China berjudul "Catatan Perjalan ke Barat" atau "His-yu-Chi" yang ditulis oleh sastrawan bernama Wu Ch'eng-en.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"