Rumus Mencari Median Dan Contoh Soal

Rumus Mencari Median Dan Contoh Soal

Berikut ini rumus serta contoh soal mencari median.

Salah satu pelajaran matematika adalah tentang mean, median, modus. Kali ini kita bakal membahas tentang median. Median sendiri adalah cara untuk menentukan letak tengah data setelah data disusun menurut urutan nilainya. Simbol untuk median ini yaitu Me.

Pada data tunggal, nilai mediannya dapat diperoleh dengan mengurutkan datanya kemudian mencari data yang terletak di tengah.

Berikut ini rumus mencari median dikutip dari Caraharian.com

Kedua ada rumus Median Data Kelompok

Kedua ada rumus Median Data Kelompok Rumus mencari median (caraharian.com)

Hampir sama dengan cara mencari median pada data tunggal, nilai median pada data kelompok juga merupakan nilai tengah dari suatu kumpulan data. Dalam data kelompok memiliki rumus yang sama dengan mencari Q2 ( Kuartil 2 ). 

Karena penyajian data disajikan dalam bentuk kelompok, datanya tidak dapat diurutkan seperti pada data tunggal. Rumus median data kelompok adalah sebagai berikut.

rumus median data kelompok

Keterangan:

p = panjang kelas intervalTb = tepi bawah kelas median

fi = frekuensi kelas median

fk = jumlah frekuensi sebelum kelas median

n = jumlah seluruh frekuensi

Seringkali, data kelompok dibagi menjadi empat bagian yang sama banyak. Kemudian dipisahkan oleh tiga nilai kuartil, yaitu kuartil atas (Q1), kuartil tengah (Q2), dan kuartil bawah (Q3).

Median adalah data ke – n yang membagi banyak data menjadi dua sama banyak. Begitu juga dengan kuartil tengah (Q2). Sehingga, nilai kuartil tengah (Q2) akan sama dengan median.

Rumus data median kelompok (idschool.net)

Contoh soal



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"