Rugi Kalau Enggak Tahu, Ini Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Zulhijah

Rugi Kalau Enggak Tahu, Ini Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Zulhijah

Bulan Zulhijah telah tiba. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang dimuliakan selain bulan Ramadan. Ada keutamaan 10 hari di Bulan Zulhijah  pada 10 hari pertama yang rugi banget kalau nggak tahu.

Bulan Zulhijah biasanya juga disebut sebagai Bulan Haji atau Bulan Qurban. Karena itu pada bulan ini umat islam dianjurkan untuk banyak-banyak beribadah agar mendapatkan pahalanya yang berlipat.

Lantas apa saja keutamaan Bulan Zulhijah? Diriwayatkan dalam hadits Imam at Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah SWT melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Zulhijah)." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad di jalan Allah SWT?" Rasulullah SAW menjawab, "Tidak pula jihad di jalan Allah SWT, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satu pun."

Amalan Paling Dicintai Allah SWT

Keutamaan 10 Hari di Bulan Zulhijah (via RCTI)

Pada 10 hari pertama di Bulan Zulhijah, banyak amalan-amalan yang paling dicintai Allah, yakni salat, sedekah, haji, berpuasa. Dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari dari Sayyidina Abdullah ibn Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

"Tidaklah ada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih Allah cintai dari hari-hari ini (maksudnya sepuluh hari pertama bulan Zulhijah).

Terkumpulnya Amalan-amalan Utama



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"