Rizieq Shihab Dilaporkan Tewas Tertabrak Pada Acara Balap Unta di Arab Saudi, Benarkah ?

Rizieq Shihab Dilaporkan Tewas Tertabrak Pada Acara Balap Unta di Arab Saudi, Benarkah ?

Kabar meninggalnya Rizieq Shihab didapatkan dari sumber lokal pada acara balapan unta di Arab Saudi, kejadian itu dikabarkan oleh saksi saat si Korban dengan sengaja menerobos batas dan memasuki lintasan balap.

Setelah diteluuri lebih dalam ternyata beliau sedang mabuk Pipis Onta karena tengah mengalami masalah finansial serius.Tetangga terdekat menuturkan setiap hari didatangi debt kolektor sebelum akhirnya mengalami depresi berat

PENJELASAN: Melalui media sosial Facebook, akun @YogaHowedes membagikan foto berupa tangkapan layar artikel “The New York Times” berjudul “HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi” dengan tanggal penerbitan menunjukan 20 September 2020. Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa unggahan milik @YogaHowedes adalah palsu alias hoaks.

Coba melakukan penelusuran oleh webste turnbackhoax.id pada laman The New York Times dengan menggunakan kata kunci “HRS” dan “Arab Saudi”. Faktanya, tidak ditemukan artikel dengan judul “HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi”. Nytimes.com tidak pernah mengunggah berita dengan judul tersebut, baik pada 20 September 2020 maupun di tanggal lain.

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK Screenshot by turnbackhoax.id

Melansir dari jpnn.com pada pemberitaan berjudul “Dari Arab Saudi, Habib Rizieq Suarakan Penolakan Pilkada 2020” yang tayang pada Selasa, 22 September 2020, 10.50 WIB. Mengacu pada isi berita artikel jpnn.com, diketahui bahwa kondisi Rizieq Shihab tidak seperti halnya yang disampaikan oleh akun @YogaHowedes.

Jika merujuk pada seluruh referensi melalui riset yang telah dilakukan oleh turnbackhoax.id, unggahan @YogaHowedes adalah palsu alias hoaks. Unggahan tersebut masuk dalam kategori misleading konten atau konten menyesatkan.

Faktanya sudah jelas bahwa berita tersebut adalah hoax atau berita bohong, sebagai masyarakat yang baik sudah sepatutnya untuk bisa memilah berita mana yang baik dan benar. Yang terpenting jangan mudah percaya berita sebelum melakukan kroscek terlebih dahulu. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"