Ritual-ritual Aluk Todolo, Kepercayaan Suku Toraja yang Menarik

Ritual-ritual Aluk Todolo, Kepercayaan Suku Toraja yang Menarik

Tau nggak kalian sama Aluk Todolo? Ini adalah agama dari suku Toraja. Sampai saat ini pun masih dipraktikan sama masyarakat Toraja.

Aluk Todolo tergolong kepercayaan kuno yang dipengaruhi oleh ajaran konfusius dan agama Hindu. Ajaran Aluk Todolo punya ritual-ritual yang unik. Apa aja sih?

1. Ritual Rambu Solok

1. Ritual Rambu Solok ritual Rambu Solok (kuninghijau.wordpress.com)

Ini adalah ritual pemakan suku Toraja yang khas banget. Tujuannya adalah untuk nganterin arwah ke alam akhirat lewat ritual dan doa. 

Upacara rambu solok bisa memakan 8 hingga 9 malam. Menurut kepercayaan suku Toraja, roh manusia yang meninggal belum benar-benar pergi sebelum digenapi dengan upacara Rambu Solok.

Prosesinya pun sangat panjang dengan banyak tahap. Bahkan, dalam upacara itu, jenazah masih diperlakukan kayak orang hidup. Misalnya, dengan dibaringkan, diajak ngobrol, dan diberi minum. 

Ini pun menjadi salah satu ritual di Suku Toraja yang harus kalian liat kalo berkunjung ke sana.

2. Silaga Tedong

2. Silaga Tedong Silega Tedong (toraja.web.id)

Ritual ini masih dalam serangkaian upacara  Rambu Solok. Ritual Silaga Tedong bertujuan untuk ngasih hiburan ke keluarga yang lagi bersedih. 

Selain itu, juga untuk ajang pertunjukkan bagi ratusan pelayat yang datang. Kerbau akan diadu. Tapi mereka bukan kerbau biasa aja loh. Soalnya, kerbau tersebut biasanya berharga fantastis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"