Riset Membuktikan: Orang yang Sempit Pengetahuan Tuh Berisik dan Keras Kepala

Riset Membuktikan: Orang yang Sempit Pengetahuan Tuh Berisik dan Keras Kepala

Sebuah riset membuktikan bahwa orang-orang yang berisik, yang rame, adalah mereka yang hanya tau sedikit informasi. Jeng jeng jeng ... nah loh!

Mereka yang sering ngotot atau ngegas gitu kalo bicara, seperti dilansir New York Post, biasanya malah gak tau-tau banget tentang informasi yang sebenernya. Ya, mereka gak begitu menguasai informasi yang mereka terima.

Jangan berisik! (bilderim.com)

Pew Research Center pernah mempublikasikan data dalam jurnal Nature. Data itu diambil oleh para peneliti yang melakukan riset menggunakan makanan yang dimodifikasi secara genetik.

Sebenernya, makanan itu aman dikonsumsi dan bisa mendatangkan manfaat untuk petani dan produsen makanan. Sementara sekitar 88 persen ilmuwan juga mendukung hal tersebut.

Tetapi, sekitar 37 persen warga Amerika yang awam menganggap makanan itu aman. Para peneliti kemudian menilai peringkat pengetahuan mereka dan menguji literasi ilmiah mereka.

Kalem aja lah, gak usah ngegas ngomongnya~ (huffingtonpost.com)

Hasilnya ... mereka yang keras kepala cenderung menentang fakta-fakta ilmiah dan pendapat para ahli yang telah didokumentasikan tersebut.

Para peneliti pun kemudian menyimpulkan bahwa orang-orang itu menderita "ilusi pengetahuan". Jadi, meskipun mereka ngotot terhadap pendapat mereka, itu tidak berdasar. Selain itu, mereka tetap saja yakin bahwa merekalah yang paling benar. Sekali lagi, paling benar!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"