Ringkasan Buku "7 Habits of Highly Effective People" Karya Stephen R.Covey Agar Sukses Pribadi dan Profesional

Ringkasan Buku "7 Habits of Highly Effective People" Karya Stephen R.Covey Agar Sukses Pribadi dan Profesional

“7 Habits of Highly Effective People” oleh Stephen R. Covey adalah sebuah buku yang memberikan panduan transformatif untuk kesuksesan pribadi dan profesional. Buku ini menekankan pemikiran proaktif, penentuan prioritas, komunikasi efektif, kolaborasi, dan pertumbuhan pribadi. 

Dengan mempraktikkan 7 kebiasaan tersebut, pembaca dapat meningkatkan efektivitasnya, mencapai tujuan mereka, dan merasakan kepuasan yang lebih besar dalam semua aspek kehidupan. Berikut 7 kebiasaan yang penting dimiliki setiap orang untuk hidup pribadi dan profesional yang berkualitas:

1. Bersikaplah Proaktif

Buku “7 Habits of Highly Effective People” karya Stephen R. Covey (bookclub.com)

Kebiasaan pertama, "Jadilah Proaktif". Proaktif maksudnya adalah tanggung jawab atas hidup dan pilihan sendiri. Covey berpendapat bahwa orang-orang yang sangat efektif memahami bahwa mereka memiliki kendali atas setiap tindakan dan tanggapan mereka, terlepas dari keadaan eksternal.

2. Mulailah dengan Tujuan Akhir

Covey berpendapat bahwa individu yang efektif memiliki visi yang jelas tentang tujuan yang mereka inginkan sebelum memulai upaya apa pun. "Mulailah dengan Tujuan Akhir". Dengan begitu pembaca terdorong untuk mengidentifikasi misi pribadi mereka dan tujuan jangka panjang mereka.

3. Utamakan Hal yang Utama

Kebiasaan ini fokus pada manajemen waktu dan penentuan prioritas. Covey memperkenalkan konsep "Matriks Manajemen Waktu", yang mengkategorikan tugas ke dalam empat kuadran berdasarkan urgensi dan kepentingannya. Orang yang sangat efektif fokus pada aktivitas yang termasuk dalam Kuadran II, yang mencakup perencanaan jangka panjang, pembangunan hubungan, dan pengembangan pribadi.

4. Memikirkan Solusi yang Saling Menguntungkan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"