Ratu Cleopatra, Si Cantik yang Pandai Memikat Ini Ternyata Punya Fakta Rahasia

Ratu Cleopatra, Si Cantik yang Pandai Memikat Ini Ternyata Punya Fakta Rahasia

Kecantikan itu ternyata tidak bisa dilihat dari penampilan saja. Berdasarkan artefak yang ditemukan oleh para arkeolog, Ratu Cleopatra ini tidak cantik secara fisik. Berdasarkan uang koin yang dikoleksi oleh Society of Antiquaries of Newcastle wajah Ratu Cleopatra datar dan berang. Konstruksi wajah pada koin tersebut menunjukkan hidung yang menonjol, dahi miring, dagu yang tegas, bibir tipis dan mata melotot. 

Gambar pada uang koin tersebut mengagetkan banyak orang. Karena dalam film versi Hollywood, Ratu Cleopatra digambarkan punya wajah yang cantik. Sehingga masih banyak orang berharap bisa menemukan fakta lain mengenai wajah yang sesuai harapan.

Pasangan dari Ratu Cleopatra, Julius Caesar juga nggak sesuai dengan pandangan modern. Caesar berwajah keriput, leher yang kecil disembunyikan dalam krah baju kaisar. Sedangkan Mark Anthony punya dagu yang lancip dan hidung pesek. 

Uang koin gambar Ratu Cleopatra (latimes.com)

Uang koin tersebut ditemukan dibeberapa lokasi kawasan Mediterania. Dari Alexandria sampai Mesir melewati pelabuhan Patras di Yunani. Uang koin tersebut ditemukan pada Februari 2007 dan diteliti oleh Profesor Kevin Butcher. Kepala Ratu Cleopatra pada uang koin tersebut mengenakan mahkota bercorak Hellenistic. Rambutnya digelung tepat diatas ubun-ubun. 

Uang koin yang lain ditemukan Ratu Cleopatra mengenakan baju mantel yang dihiasi mutiara. Menurut penelitian, pakaian tersebut populer pada jamannya. Dugaannya pakaian tersebut adalah hadiah dari Caesar atau Antony.

Terdapat beberapa fakta rahasia dari Ratu Cleopatra, berikut penjelasannya.

1. Ratu cleopatra berperan sebagai pemimpin pertempuran

Hubungan Cleopatra dengan Antony memantik pertempuran di Roma. Perlawanan yang terjadi dipimpin oleh Octavian. Dalam pertempuran ini, Cleopatra berdiri disamping armada Antony. Karena mengalami kekalahan, Cleopatra dan Antony melarikan diri ke Mesir melewati jalur Romawi.

2. Bukan orang Mesir

Ratu Cleopatra bukan asli orang Mesir. Setelah kematian Jendral Alexander Agung, Mesir dikuasai oleh Ptolemy. Ptolemy mendirikan dinasti dan berjalan selama 3 abad. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Yunani. Dari beberapa penemuan disimpulkan bahwa Cleopatra merupakan keturunan dinasti Ptolemy generasi pertama.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"