Rame Klaim Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad, Fakta atau Bukan Sih? Ini Penjelasan Silsilahnya

Rame Klaim Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad, Fakta atau Bukan Sih? Ini Penjelasan Silsilahnya

Mungkin kalian pernah mendengar kabar kalo Ratu Elizabeth II mempunyai hubungan darah Nabi Muhammad SAW. Sebenarnya ini fakta atau hoaks sih?

Hal itu setelah ditelusuri silsilah keluarga keduanya dari 43 generasi terakhir. Pada tahun 2018, klaim sempat viral karena muncul di Al Ousboue, surat kabar Maroko, seperti diberitakan Daily Mail. Kabar soal silsilah Ratu Elizabeth II itu pun pernah dicetuskan pada 1986 oleh Burke's Peerage. 

Ratu Elizabeth II (tribunnews.com)

Dari penelusuran garis silsilah Ratu Elizabeth II, ditemukan kalo Ratu adalah keturunan ke-43 dari Nabi Muhammad SAW. Garis keturunan ini mengalir lewat Earl of Cambridge. 

Jadi begini ceritanya, ada putri Muslim bernama Zaida yang ninggalin kota kelahirannya, Sevilla pada abad ke 11 sebelum berpindah ke agama Kristen. Zaida sendiri tuh istri keempat Raja Al Mu'tamid Bin Abbad dari Sevilla. 

keluarga kerajaan (pochta.uz)

Zaida punya anak laki-laki bernama Sancho. Keturunan Sancho lalu menikah dengan Earl of Cambridge dari Kerajaan Inggris di abad ke-11.

Klaim itu juga didukung sama riset genealogi dari Spanyol dan penelusuran mufti agung Mesir, Ali Gomaa. Meski akhirnya, banyak yang tetep skeptis dengan klaim silsilah keturunan Ratu ini. 

Bahkan, Majalah Inggris, The Spectator menyebutkan kalo asal-usul Zaida nggak pasti. Makanya, klaim soal Ratu Elizabeth yang keturunan Nabi Muhammad masih dianggap lemah. 

Ratu Elizabeth II (harperbazaar.com)

Sementara itu, banyak netizen meresponnya sebagai humor. Salah seorang pengguna Reddit sempat mengatakan, "Ini hanya propaganda yang digunakan oleh Monarki Inggris untuk menyenangkan hati orang Muslim yang banyak di Inggris."

Ya begitulah kira-kira penjelasannya. Sampai saat ini masih belum pasti sih kebenaran klaim itu.

Tapi, kalo emang ternyata Ratu Elizabeth II keturunan Nabi Muhammad, apa salahnya? Toh, dunia ini sempit kan, segalanya mungkin-mungkin aja. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"