Ramai Jadi Perbincangan, Inilah Silsilah Keluarga, Karier Politik, dan Pendidikan Yaqut Cholil Sebelum Jadi Menteri Agama

Ramai Jadi Perbincangan, Inilah Silsilah Keluarga, Karier Politik, dan Pendidikan Yaqut Cholil Sebelum Jadi Menteri Agama

Belakangan ini Menteri Agama Yaqut Cholil jadi perbincangan masyarakat karena memberikan peryataan kontroversial terkait suara azan dan gonggongan anjing. Masyarakat pun dibuat bertanya-tanya mengenai sosok Menteri Agama yang dilantik pada Desember 2020 lalu ini.

Biar nggak penasaran, yuk simak silsilah keluarga, karier politik, dan riwayat pendidikannya sebelum menjadi Menteri Agama seperti sekarang ini.

Nama Yaqut Cholil menjadi perbincangan hangat setelah beredarnya Surat Edaran (SE) Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara Masjid. Surat ini menjadi perdebatan warga, terutama di sosial media.

Nggak cuma itu, nama Yaqut Cholil menjadi trending topik pada hari Kamis, (24/2/2022), di Twitter Indonesia setelah beredar video yang membandingkan suara azan lewat toa masjid dengan gonggongan anjing. Bahkan videonya viral hingga ke berbagai platform media sosial.

Pria bermana lengkap Yaqut Cholil Qoumas atau dikenal Gus Yaqut ini lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 4 Januari 1975. Ia merupakan salah satu putra dari kyai karismatik, seorang sosiolog, dan salah satu pendiri Pertai Kebangkita Bangsa, KH Muhammad Cholil Bisri.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (detik.net)

Yaqut Cholil memiliki dua saudara, yakni Yahya Cholil Staquf yang menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2022-2027 dan Mochammad Hanies Cholil Barro yang menjawab sebagai Wakil Bupati Rembang periode 2021-2024.

Yaqut Cholil merupakan lulusan SDN Kutoharjo pada 1981-1987, kemudian melanjutkan pendidikan di SMPN II Rembang pada 1987-1990. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan di SMA II Rembang pada 1990-1993. Usai tamat SMA, Yaqut Cholil kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia jurusan sosiologi, namun ia tidak menyelesaikannya.

Setelah memutuskan tidak melanjutkan pendidikan lagi, Yaqut Cholil kemudian terjun di dunia politik. Awal karier politik, Yaqut Cholil ikut mendirikan dan aktif dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Depok.

Yaqut Cholil kemudian masuk menjadi kader PKB di Rembang dan dipercaya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Rembang pada periode 2001-2004.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"