Raja kalimantan Nikahi Putri Kayangan: Cikal Bakal Raja-Raja Kutai Kertanegara

Raja kalimantan Nikahi Putri Kayangan: Cikal Bakal Raja-Raja Kutai Kertanegara

Ada cerita yang menarik dari silsilah para raja dari kerajaan Kutai Kertanegara gengs. Ternyata mereka itu keturunan dari khayangan loh. Gils.

Ada beberapa petunjuk yang kuat yang membenarkan hal itu rupanya. Berasal dari kisah Puteri Karang Melenu dan Lembuswana.

Kisah Puteri Karang Melenu

Kisah Puteri Karang Melenu Ilustrasi (Grid.id)

Singkat cerita, ada sepasang suami istri dari Petinggi di Kampung Melanti Hulu Dusun tersebut selalu memohon kepada Dewata agar dikaruniai seorang anak sebagai penerus keturunannya. Pada saat itu, persediaan kayu bakar petinggi menipis akibat cuaca buruk sehingga petinggu tersebut terpaksa mengambil salah satu kasau atap rumahnya. 

Dilansir dari Wikipedia, Ketika kayu tersebut dibelah, terlihat seekor ulat kecil yang sedang melingkar d dalam belahan kayu kasau yang kemudian dipelihara dengan baik oleh petinggi tersebut. Seekor ulat kecil itulah yang merupakan wujud awal dari naga.

Suatu malam, Petinggi Hulu Dusun bermimpi bertemu seorang putri yang cantik jelita yang merupakan penjelmaan dari naga tersebut. Sang putri meminta kepada petinggi tersebut untuk membuatkan sebuah tangga agar sang putri yang sudah berwujud naga tersebut dapat meluncur ke bawah rumah, karna pada saat itu, rumah-rumah di kampung tersebut berbentuk seperti rumah panggung.

Pagi harinya, Petinggi Hulu Dusun menceritakan mimpinya kepada sang istri. Mereka berdua lalu membuatkan sebuah tangga yang terbuat dari bambu. Ketika naga itu bergerak hendak turun, ia memberitahu agar petinggi dan istrinya agar mengikutinya ke mana pun sang naga merayap bahkan jika sang naga tersebut merayap sampai ke sungai. 

Ia juga meminta agar dia sambil ditaburi dengan beras kuning serta membakar wijen hitam. Dan jika sang naga merayap sampai ke sungai dan telah masuk kedalam air, petinggi dan istrinya disuruh untuk mengiringi buih yang muncul di permukaan sungai. Sang naga memberitahukan semua keinginannya dengan suaranya persis seperti suara putri yang didengar dalam mimpi Petinggi semalam.

Naga Erau (Youtube.com)

Sang naga pun merayap menuruni tangga itu sampai ke tanah dan selanjutnya menuju ke sungai dengan diiringi oleh Petinggi dan isterinya. Setelah sampai di sungai, berenanglah sang naga berturut-turut 7 kali ke hulu dan 7 kali ke hilir dan kemudian berenang ke Tepian Batu. Di Tepian Batu, sang naga berenang ke kiri 3 kali dan ke kanan 3 kali dan akhirnya ia menyelam.

Di saat sang naga menyelam, timbullah angin topan yang dahsyat, air bergelombang, hujan, guntur dan petir bersahut-sahutan. Perahu yang ditumpangi petinggi pun didayung ke tepian. Kemudian seketika keadaan menjadi tenang kembali, matahari muncul kembali dengan disertai hujan rintik-rintik. Petinggi dan isterinya menjadi heran. Mereka mengamati permukaan Sungai Mahakam, mencari-cari dimana sang naga berada.

Tiba-tiba mereka melihat permukaan Sungai Mahakam dipenuhi dengan buih. Pelangi menumpukkan warna-warninya ke tempat buih yang meninggi di permukaan air tersebut. Babu Jaruma melihat seperti ada kumala yang bercahaya berkilau-kilauan. 

Mereka pun mendekati gelembung buih yang bercahaya tadi, dan alangkah terkejutnya mereka ketika melihat di gelembung buih itu terdapat seorang bayi perempuan sedang terbaring di dalam sebuah gong. Gong itu kemudian meninggi dan tampaklah naga yang menghilang tadi sedang menjunjung gong tersebut. 

Kemunculan Lembuswana

Kemunculan Lembuswana Lembuswana (IDNTimes.com)

Semakin gong dan naga tadi meninggi naik ke atas permukaan air, nampaklah oleh mereka binatang aneh sedang menjunjung sang naga dan gong tersebut. Petinggi dan istrinya ketakutan melihat kemunculan binatang aneh yang tak lain adalah Lembuswana, dengan segera petinggi mendayung perahunya ke tepian batu.

Tak lama kemudian, perlahan-lahan Lembuswana dan sang naga tenggelam ke dalam sungai, hingga akhirnya yang tertinggal hanyalah gong yang berisi bayi dari khayangan itu. Gong dan bayi itu segera diambil oleh [[Babu Jaruma] dan dibawanya pulang. Petinggi dan istrinya sangat bahagia mendapat karunia berupa seorang bayi perempuan yang sangat cantik. 

Bayi itu lalu dipelihara mereka, dan sesuai dengan mimpi yang ditujukan kepada mereka maka bayi itu diberi nama Puteri Karang Melenu. Bayi perempuan inilah kelak akan menjadi istri raja Kutai Kartanegara yang pertama, Aji Batara Agung Dewa Sakti.

Kesimpulan

Kalau ditarik dari cerita tersebut jadi emang kesimpulannya keturunan dari Raja Aji Batara Agung Dewa Sakti dengan Puteri Karang Melenu adalah keturunan kahyangan mengingat ibunya berasal.

Jadi gimana nih gengs? Apakah kalian percaya dengan cerita tersebut? Gimana pendapat kalian?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"