Rahasia Ala Gus Dur, Meski Tidur tapi Bangun Masih Nyambung sama Pembahasan Forum

Rahasia Ala Gus Dur, Meski Tidur tapi Bangun Masih Nyambung sama Pembahasan Forum

K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur adalah sosok yang misterius. Banyak cerita yang menggambarkan dirinya sedang tidur dalam berbagai forum, tapi setelah bangun Gus Dur paham betul dengan apa yang dibahas oleh forum tersebut.

Bahkan, saat menjadi presiden, konon saat memimpin rapat paripurna Gus Dur juga sempat tertidur. Namun saat bangun, Gus Dur seakan tahu apa saja yang dibahas oleh para menteri saat dia tidur. Aneh ya, padahal orang lain kalau ketiduran ya bangun-bangun biasanya linglung.

Penasaran gimana cerita selengkapnya? Berikut 5 momen saat Gus Dur tertidur dalam forum, namun langsung nyambung saat terbangun, seperti yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (22/6/21):

1. Gus Dur Tidur saat Memimpin Rapat Kabinet

Saat menjadi Menteri Pertahanan di era kepemimpinan Gus Dur, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD punya cerita. Mahfud mengungkapkan, biasanya usai memimpin rapat, Gus Dur menyerahkan kepada Megawati Soekarnoputri untuk memimpin, lalu dia tidur.

"Selama saya duduk di kabinet, menjadi menteri Presiden Gus Dur, hal itu (tidur, tapi menyerap materi) juga saya saksikan," cerita Mahfud MD.

"Saat sidang kabinet, biasanya Gus Dur membuka sidang dengan pengantar singkat, kemudian menyerahkan kepada Mbak Megawati (wapres) untuk memimpin sidang. Gus Dur kemudian tertidur," lanjut Mahfud MD.

Tapi, menurut Mahfud MD, begitu sidang kabinet selesai dan forum dikembalikan kepada presiden untuk ditutup, ternyata resume serta ulasan yang dibuat Gus Dur sangat cocok dengan yang dibicarakan dalam sidang kabinet itu.

Padahal, Gus Dur tertidur ketika para menterinya berdiskusi.

Rahasia Ala Gus Dur, Meski Tidur tapi Bangun Masih Nyambung sama Pembahasan Forum (Kumparan)

2. Gus Dur tertidur saat Bertemu Perdana Menteri India

Masih menurut penjelasan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, saat bertemu dengan Perdana Menteri India, Rajvaje beserta rombongannya di Istana, Gus Dur lagi-lagi tertidur. Padahal, PM India saat itu sedang berbicara serius persis di depan meja Gus Dur.

"Ajudan Gus Dur mengantarkan permen kepada saya sambil berbisik: 'Pak, ini berikan kepada presiden. Mohon presiden diajak berbicara agar tak tertidur,' kata ajudan Gus Dur saat itu kepada Mahfud MD yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

"Saya yang memang duduk persis di samping kiri Gus Dur mencolek pahanya sambil ngajak bicara. 'Gus, rencana kunjungan ke Mesir',"

Belum selesai Mahfud MD berbicara, Gus Dur tiba-tiba memotong pembicaraan.

"Ssssst, tak usah laporan dulu, nanti saja. Ini ada tamu penting harus kita dengarkan," kata Gus Dur.

Mahfud pun langsung tertawa. Gus Dur pun kembali Dur tidur. Begitu tiba giliran dia berbicara, Gus Dur menanggapi satu per satu dengan tepat masalah-masalah yang dikemukakan PM India dan para menterinya tersebut.

Bahkan memberikan arahan tertentu untuk menteri-menterinya tentang segi-segi penting yang harus ditindaklanjuti dari pertemuan itu.

3. Gus Dur tertidur saat Jadi Pembicara Seminar

Pakar Komunikasi Politik UI Effendy Ghazali juga punya cerita soal tidurnya Gus Dur. Effendy mengatakan, dalam sebuah diskusi, Gus Dur tampak tertidur pulas. Padahal saat itu banyak orang yang bertanya pada Gus Dur.

"Saya sampai mencatat lengkap semua pertanyaan mereka," cerita Effendy Gazali.

Dugaan Effendy ternyata meleset. Saat bangun, Gus Dur ternyata tahu semua pertanyaan dan siapa yang bertanya. Mulai saat itu Effendy percaya tentang cerita misteri tidur Gus Dur.

Bagi yang tidak melihat langsung, maka biasanya tidak percaya dan menilai misteri tidur itu bualan semata. Namun banyak pula yang keheranan melihat hal itu. Bagi santri kampung bahkan menilai hal itu sebagai karomah atau kelebihan khusus Gus Dur semacam indra keenam.

"Saya termasuk yang penasaran. Maka dalam sebuah kesempatan bertemu dia, saya menanyakan hal itu. Mengapa saat tertidur beliau bisa tahu pembicaraan yang terjadi bahkan tahu pertanyaan yang diajukan pada dirinya," kata Effendy.

Namun, menurut Effendy, Gus Dur tak menjawab dan hanya menjawabnya dengan tertawa. Saat Effendy menanyakan lagi baru dia menjawab dengan santai.

"Biasa aja, saya ingat saja topik terakhir sebelum ketiduran, paling nanti pembicaraannya tak jauh dari situ," jawab Gus Dur santai.

Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan mantan ajudan tidak resmi Gus Dur, Bambang Susanto.

"Biasanya Gus Dur mengingat topik terakhir sebelum tertidur. Bahasannya pasti tak jauh-jauh dari situ," cerita Bambang menirukan Gus Dur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"