Rabi Yaakov Baruch, Pemimpin Jemaah Komunitas Yahudi di Indonesia

Rabi Yaakov Baruch, Pemimpin Jemaah Komunitas Yahudi di Indonesia

Yahudi emang terkenalnya di Barat sana, negri-negri seperti Amerika Srikat, Eropa, dan Israel. Tapi di Indonesia juga ada loh....

Apa? Ada agama Yahudi di Indonesia kok bisa? Siapa dan dimana sih? Penasaran dengan persebaran Yahudi di Indonesia? Yuk kita kepoin....

Yaakov Baruch (Boombastis.com)

Seperti yang dilansir dari Boombastis, Sebagai seorang pemimpin jemaah komunitas Yahudi di Sinagoge Shaar Hashamayim, Tondano, Minahasa, rabi Yaakov Baruch bisa dibilang merupakan satu-satunya rabi yang bisa dijumpai di Indonesia. Ada banyak kisah yang dialaminya selama memutuskan untuk menganut ajaran Yudaisme di Indonesia.

Sebelum memutuskan untuk memeluk Yudaisme, rabi Yaakov harus bergelut dengan hati nuraninya sendiri sebelum akhirnya memutuskan untuk mencari tahu asal-usul keluarganya. 

Darah Yahudi ternyata didapatkannya dari dari sang ibu. Yaakov juga sempat pergi ke Belanda dan Israel untuk mencari tahu dan terus menggali informasi tentang masa lalu keluarganya. Ia akhirnya yakin bahwa keluarganya memang keturunan Yahudi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"