Pusing Mikirin Utang Pinjol! Begini 4 Tips Ampuh Menyelesaikannya

Pusing Mikirin Utang Pinjol! Begini 4 Tips Ampuh Menyelesaikannya

Utang pinjol atau pinjaman online memang jadi momok menakutkan bagi banyak orang. Meskipun mudah dalam proses peminjaman namun bunga yang besar membuat si peminjam pinjol akan stres untuk membayarnya. Nah, berikut beberapa tips ampuh untuk menyelesaikan utang pinjol.

Mengatur Pengeluaran

Cara pertama untuk cepat bayar utang pinjol adalah mengatur pengeluaran. Cara ini paling efektif dan mudah dilakukan. Yang jelas kamu harus mengubah pola hidup karena dikejar utang pinjol. Bila sebelumnya boros, sekarang harus lebih mengerem pengeluaran. 

Jangan sembarangan mengeluarkan uang membeli barang-barang sesuai keinginan. Ingat selesaikan dulu utang pinjol kamu. Mengatur pengeluaran juga jadi membentuk kebiasaan dalam menabung.

Tips Bayar Utang Pinjol (GajiGesa)

Menjual Barang Layak Pakai

Di rumah banyak barang layak pakai yang sudah tidak dipakai lagi? Misalnya perabotan rumah tangga, barang elektronik, dan lainnya. Mungkin daripada bikin rumah jadi berantakan, nggak ada salahnya untuk menjual barang-barang tersebut. Lumayan kan uang hasil penjualan itu bisa dipakai untuk membayar lunas utang pinjol.

Bongkar Tabungan

Memang tabungan baiknya dipakai untuk masa depan. Tapi tidak salah kalau sedikit tabungan dikeluarkan sebagai “dana darurat” ini. Jika utang pinjol besar dan belum bisa melunasi, cobalah untuk memakai tabungan. Jangan lupa uang tabungan yang dipakai untuk membayar utang pinjol cepat diganti agar kondisi keuangan kembali membaik.

Cari Pekerjaan Tambahan Menambah pekerjaan tambahan juga bisa jadi cara untuk menambah uang untuk bayar utang pinjol. Misalnya menjadi freelancer menulis, bikin online shop, atau menjadi ojek online yang penting halal kan dan uangnya bisa dipakai untuk bayar utang pinjol.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"