Punya Tanggung Jawab Besar, Ternyata Kisaran Gaji Sutradara di Indonesia Gede Banget Loh

Punya Tanggung Jawab Besar, Ternyata Kisaran Gaji Sutradara di Indonesia Gede Banget Loh

Dalam sebuah produksi film atau sinetron, sutradara memiliki tugas yang cukup berat dan tanggung jawab besar, seperti melakukan casting pemain, mengembangkan ide dan skenario, menjalani proses syuting, hingga mengawal proses produksi setelah syuting. Tak ayal gaji yang didapatkan sutradara di Indonesia cukup besar.

Untuk gaji yang didapatkan sutradara bervariasi. Tidak semua penghasilan sutradara yang satu dan yang lainnya memiliki nominal yang sama. Sutradara yang sudah senior atau banyak menyutradarai film atau sinetron sukses pasti memiliki gaji besar dibandingkan sutradara muda yang baru jadi sutradara beberapa bulan.

Melansir dari berbagai sumber, pendapatan sutradara di Indonesia berkisar dari angka Rp 30 juta hingga Rp 120 juta. Bahkan bagi sutradara yang memiliki nama besar dikabarkan bisa mengantongi bayaran sampai Rp 1 miliar loh. Itu belum termasuk dengan jumlah bonus yang diberikan kepada sutradara jika film atau sinetron sukses besar.

Punya Tanggung Jawab Besar, Ternyata Kisaran Gaji Sutradara di Indonesia Gede Banget Loh (Tribun Makassar)

Meskipun bisa mendapatkan uang banyak dalam sebuah proses produksi sinetron dan film, namun gaji itu tidak rutin tiap bulan karena uang yang didapatkan hanya saat dapat pekerjaan saja. Jika bulan ini bekerja belum tentu bulan depan dan bulan-bulan ke depannya mendapatkan tawaran untuk menyutradarai film.

Seiring perkembangan film dan sinetron di Indonesia mulai bermunculan sutradara-sutradara baru yang cukup diperhitungkan. Proses untuk menjadi sutradara tidak mudah karena harus melewati jenjang karir lebih dulu, salah satunya harus menjadi asisten sutradara lebih dulu.

Menjadi sutradara selain harus mampu mengembangkan ide cerita dan memberikan masukan kepada pemain, juga dituntut memiliki kreatifitas dan mampu kerja tim dengan baik dengan kru-kru yang lainnya dalam proses syuting.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"