Punya masalah lambung? Berikut adalah penjelasan mengenai puasa dan kesehatan dari ahli nutrisi.

Ramadhan sering kali menjadi tantangan bagi banyak orang yang menjalaninya. Apalagi, puasa juga menjadi ujian bagi mereka yang menderita sejumlah penyakit yang terkait dengan pencernaan dan metabolisme tubuh, seperti lambung dan gula darah.

Padahal, dengan berpuasa bisa mengubah gaya hidupmu jadi teratur dan sehat. Apalagi buat mereka yang membutuhkan pola makan seimbang dengan nutrisi yang tepat.

Yah, memang di luar sana masih ada orang yang salah sangka mengenai puasa. Mereka yang belum pernah menjalani puasa berpendapat kalo ibadah ini memberi tantangan berat bagi penderita penyakit lambung dan diabetes mellitus (DM).

Puasa dan kesehatan (tempo.co)

Di sisi lain, banyak juga mereka yang menyebutkan, termasuk dokter dan peneliti, kalo puasa dan kesehatan adalah 2 hal yang bisa kamu lakukan dan dapatkan dalam waktu yang bersamaan. Puasa bisa jadi obat agar para penderita penyakit pencernaan dan masalah metabolisme tubuh menjadi lebih sehat!

Penelitian tentang puasa dan kesehatan

Nah, pernyataan senada dengan yang di atas disampaikan oleh Ahli Nutrisi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Dr Rita Ramayulis DCN M Kes.

Menurutnya, sudah ada banyak penelitian yang menyebutkan kalo berpuasa terbukti mampu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur. Bahkan, para penderita GERD (gastroesophageal reflux disease) yang berpuasa pun juga bisa menurunkannya.

Tentu ada catatan yang diberikan, yakni puasa yang dilakukan dengan benar dan gak berlebihan saat berbuka. Pasalnya, berpuasa dengan benar tuh terbukti secara medis mampu mengatasi GERD.

Puasa dan kesehatan (tempo.co)

Yang dimaksud berpuasa dengan benar adalah penderita wajib untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh, juga dengan jenis yang gak menstimulasi asam lambung berlebih.

Sementara itu, untuk jenis makanan sebagai menuh buka puasa dan sahur bagi penderita GERD, disarankan agar memilih menu yang mudah dicerna. Pengolahan makanan diutamakan dengan cara direbus, dikukus, ditumis dan menggunakan asam encer.

Tentang GERD

FYI, GERD adalah penyakit yang disebabkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Masalah pencernaan ini biasanya diderita oleh mereka yang menderita akibat asam lambung.

Puasa dan kesehatan (liputan6.com)

Kemunculan penyakit ini ditandai dengan adanya sensasi terbakar atau nyeri pada bagian atas perut atau dada. Selain itu, mual, kembung, sakit menelan, mulut terasa asam dan rasa gak nyaman pada tenggorokan.

Faktor utama yang menjadi penyebab GERD adalah manajemen stres, pola makan, dan pola tidur yang kurang tepat. 

Nah, itulah kaitan antara puasa dan kesehatan yang baiknya kamu tahu. So, jangan mudah terpancing dengan pendapat orang yang nyinyir nan julid, ya. Pahami lalu berikan reaksi. Jangan terbalik, dong.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations