Psikologi Cara Duduk, Bisa Buat Nebak Kepribadian

Psikologi Cara Duduk, Bisa Buat Nebak Kepribadian

Cara duduk orang tuh beda-beda loh kalau kamu amati. Psikologi cara duduk seseorang bisa digunakan untuk nebak kepribadian. Percaya gak? Mungkin hal ini dianggap sepele dan tidak penting. Tapi nyatanya bisa kok.

Dikutip dari Theepochtimes.com, menurut ahli bahasa tubuh Lillian Glass, Ph.D., posisi duduk menunjukkan banyak hal tentang kepribadian. 

Memperhatikan cara duduk, bisa buat nebak kepribadian temen-temen kamu.

1. Duduk tegak

Psikologi cara duduk tegak (medicalnewstoday.com)

Posisi yang biasa digunakan banyak orang dalam acara formal atau wawancara. Tapi ada juga kok yang suka duduk dengan posisi ini meski lagi santai sekalipun.

Duduk tegak merupakan indikator bahwa seseorang secara alami percaya diri. Para peneliti di Ohio State University menemukan bahwa orang yang duduk tegak selama wawancara kerja percaya bahwa mereka memenuhi syarat untuk pekerjaan itu karena memiliki kepercayaan diri.

Selain itu, telah ditemukan bahwa orang-orang yang duduk tegak pada umumnya berpikir tentang diri mereka sendiri dalam cahaya positif dan lebih sedikit merasa tidak aman.

2. Menaikkan kaki ke atas lutut

Orang-orang yang menyilangkan kaki sambil duduk dan menggunakan salah satu atau kedua tangan mereka sebagai penjepit menunjukkan bahwa mereka memiliki kepribadian yang kompetitif dan argumentatif.

Psikologi cara duduk seperti ini adalah tanda bahwa orangnya sangat keras kepala, berpikiran tertutup, dan menolak pendapat orang lain jika mereka tidak menyukai mereka.

3. Kaki Menyilang

Posisi duduk menyilangkan kaki (cosmopolitan.in)

Psikologi cara duduk menyilangkan kaki adalah pertanda seseorang cukup tidak aman dan bahkan mungkin bersikap defensif.

Menurut PsychMechanics, duduk bersila mengungkapkan bahwa pikiran bawah sadar melindungi area tubuh yang rentan seperti alat kelamin. Orang yang secara konsisten duduk dengan menyilangkan kakinya melakukan hal itu untuk melindungi diri mereka dengan cara yang tersembunyi.

4. Duduk di tengah atau pusat kelompok

Psikologi cara duduk orang-orang yang memiliki kepribadian kooperatif akan cenderung duduk di tengah-tengah pengaturan tempat duduk.

Hal ini adalah cara bawah sadar untuk memberi tahu orang lain bahwa mereka dapat didekati, menghargai kerja tim, dan ingin berkolaborasi. 

5. Duduk di Lantai Dengan Kaki Bersilang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"