Proses Membuat Patung Menggunakan Teknik Pahat, Ternyata Susah-Susah Gampang

Proses Membuat Patung Menggunakan Teknik Pahat, Ternyata Susah-Susah Gampang

Seni patung merupakan bentuk seni tiga dimensi (3D) buatan manusia yang menampilkan nilai estetika atau keindahan. Patung digolongkan sebagai seni tiga dimensi karena memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi (volume) serta dapat dinikmati dari segala arah. Umumnya patung diciptakan untuk kebutuhan rohani atau hanya sekedar untuk dinikmati keindahannya saja.

Seni patung sudah dikenal sejak zaman prasejarah dan terus berkembang hingga sekarang. Berbagai macam teknik bisa digunakan untuk membuat sebuah patung, salah satunya adalah teknik pahat.

https://www.pexels.com/

Teknik pahat adalah teknik yang digunakan untuk membentuk patung dengan cara mengurangi bahan dengan menggunakan pahat dan palu. Teknik ini biasa digunakan untuk membuat patung yang berbahan batu maupun kayu. Ada banyak karya seni yang bisa dibuat menggunakan teknik pahat, di antaranya adalah patung, meja, kursi ukiran, hingga candi.

Pada dasarnya, teknik pahat membutuhkan keterampilan dan kreativitas. Teknik ini juga memerlukan kesabaran, apalagi jika karya seni yang dipahat memiliki motif atau corak tertentu. Nah, berikut cara membuat karya seni patung dengan teknik pahat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"