Prestasi dan Jasa Pak Habibie Sebagai Warisan untuk Bangsa Indonesia

Prestasi dan Jasa Pak Habibie Sebagai Warisan untuk Bangsa Indonesia

Kalau kalian menyangka warisan prestasi dan jasa Pak Habibie hanyalah pesawat terbang, berarti kalian salah besar.

Peribahasa singa mati meninggalkan belang barangkali tidak pas untuk mengungkapkan warisan dari Pak Habibie. Apa yang beliu tinggalkan adalah kerajaan alam yang buahnya dapat dinikmati langsung oleh bangsa ini selamanya.

Dedikasi Pak Habibie pada ilmu pengetahuan lah yang menjadikan beliau sebagai sosok penting dan akan selalu dikenang bangsa Indonesia. Dedikasi ini yang melahirkan prestasi dan jasa yang kemudian diwariskan untuk masa depan Indonesia.

Berikut ini adalah prestasi dan jasa BJ Habibie yang perlu kalian ketahui gengs.

Jasa dan prestasi pak Habibie (Instagram @b.jhabibie)

1. Membuat Pesawat Pertama Indonesia

Minat Pak Habibie pada teknologi kedirgantaraan tidak bisa dipungkiri lagi. Beliaulah yang pertama kali mendorong Indonesia untuk mencuptakan pesawat terbang sendiri. 

Melalui tangannya dan otaknya, Indonesia berhasil membuat pesawat yang diberi nama N-250 Gatotkaca. Pesawat ini mengudara perdana pada 10 Agustus 1995.

Beliau juga arsitek dibalik pesawat militer C-130 Hercules. Pesawat ini mampu mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek. Sehingga diminati lebih dari 50 negara di dunia.

2. Mendirikan PT Dirgantara Indonesia

Agar cita-cita membuat pesawat terbang bisa terwujud, BJ Habibie tentu saja membutuhkan perusahaan. Untuk itu pada 26 April 1976 ia merintis perusahaan dengan nama PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio.

Perusahaan kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985. Kemudian baru pada 24 Agustus 2000 nama PT Dirgantara Indonesia yang akhirnya digunakan hingga saat ini.

Berkat tangan dinginnya PTDI bukan hanya memproduksi pesawat, tapi juga helikopter hingga senjata. Bahkan PTDI juga menjadi sub-kontraktor untuk industri-industri pesawat terbang besar di dunia seperti Boeing, Airbus, General Dynamic, Fokker dan lainnya.

Pak Habibie (Instagram @b.jhabibie)

3. Penemu Teori Crack Propagation

Kejeniusan Pak Habibie tidak hanya pada sisi teknik saja. Ia bahkan sangat piawai dalam mengolah teori ilmu. Kalian pernah dengar Teori Habibie, Faktor Habibie, dan Fungsi Habibie nggak? Kalau kalian belajar ilmu kedirgantaraan pasti sangat familiar.

Teori-teori memang diperuntukan untuk membangun pesawat. Dengan cermat Pak Habibie bisa menemukan celah (crack) kecil pada bodi pesawat sebagai deteksi dini keamanan dan ketahanan bodi. Karena penemuan ini Pak Habibie disebut sebagai 'Mr Crack' oleh kolega-koleganya di Jerman.

4. Menstabilkan Perekonomian Pasca Krisis 98

Banyak yang belum tahu jasa atau prestasi Pak Habibie satu ini. Sebagai presiden yang ditunjuk oleh parlemen setelah kelengseran Soeharto, Pak Habibie tentu memikul beban yang sangat besar. Salah satunya adalah untuk memulihkan perekonomian Indonesia.

Dan dengan ilmunya yang tinggi, Pak Habibie berhasil melakukan terobosan yang mempermudah kehidupan orang Indonesia pada masa itu. Pak Habibie sukses menurunkan nilai tukar rupiah yang sebelumnya berkisar diantara 10 ribu - 15 ribu rupiah per dolar hingga mencapai 6.500 rupiah pada akhir pemerintahannya. Padahal Pak Habibie waktu itu hanya mengemban tugas mulai tanggal 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999.

Pak Habibie dan Ibu Ainun (Instagram @b.jhabibie)

5. Panutan Cinta Sejati Generasi Galau Indonesia

Siapa anak muda zaman sekarang yang tak mengenal kisah cinta antara Pak Habibie dengan Ibu Ainun. Kami di sini dengan nyaring berani mengatakan bahwa kisah cinta ini adalah teladan bagi generasi muda di Indonesia.

Kisah cinta mereka adalah perwujudan dari perjuangan, kasih sayang, dan kesetiaan. Sesuatu yang sangat jarang hadir dalam romansa dewasa ini yang lebih dipenuhi intrik, cemburu, dan pengkhianatan.

Untuk itu kita harusnya sepakat bahwa prestasi dan jasa Pak Habibie tak harus melulu soal pesawat terbang. Cinta Pak Habibie kepada Ibu Ainun adalah warisan yang paling berharga dari beliau. Selamat terbang Pak Habibie, selamat menjemput Ibu Ainun untuk mengarungi lintasan cinta tak terbatas.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"