Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN Ke-32 di Singapura

Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN Ke-32 di Singapura

Presiden Joko Widodo hari ini dikabarkan bertolak ke Singapura. Ia berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan RI-1 sekitar pukul 13.40 WIB dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kunjungannya Presiden Jokowi kali ini adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-32 yang diselenggarakan pada 27-28 April. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan agenda pembahasan dalam KTT itu adalah pengembangan kota pintar di kawasan Asia Tenggara.

Retno menjelaskan konsep smart city adalah resilensi dan inovasi yang dikedepankan negeri Singa ini selama menjadi ketua ASEAN. Di sana, Singapura meminta negara-negara ASEAN untuk menyerahkan tiga nama kota yang nantinya akan digabungkan ke dalam satu jaringan kota pintar.

Meski baru tiga kota yang dipilih, Retno menjelaskan, tidak menutup kemungkinan kota lain juga akan masuk ke dalam jaringan ini. Di dalam jaringan itu akan ada komunikasi terkait penetapan kebijakan, kemampuan berkembang, dan sebagainya.

Indonesia melalui Presiden Jokowi sepakat menjadikan kota-kota besar dengan inovasi. Namun inovasi ini akan dibarengi dengan aspek humanismenya, agar aspek manusia tak lantas luput ketika bicara mengenai teknologi.

Selain itu, Indonesia akan bekerja sama pula dalam bidang keamanan siber serta memajukan ASEAN Smart Cities Network atau jaringan kota pintar di ASEAN.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"