Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia, Lulusannya Tak Perlu Diragukan

Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia, Lulusannya Tak Perlu Diragukan

Pondok Pesantren merupakan dua istilah yang menunjukkan satu pengertian. Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana terbuat dari bambu. Di samping itu, kata pondok mungkin berasal dari Bahasa Arab Funduq yang berarti asrama. 

Pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, di mana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh Ulama Abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut.

Pondok pesantren tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam masyarakat, terutama yang mengakar kuat di Pulau Jawa. Hal ini salah satunya terjadi karena pesantren yang tumbuh bersama masyarakat dan memberikan manfaat untuk warga di sekitarnya. Berikut beberapa daftar pondok pesantren terbaik di Indonesia, berdasarkan lulusan dan prestasi yang dicetak.

1. Pondok Pesantren Gontor

https://www.jawapos.com/

Pondok Pesantren Gontor atau yang lebih dikenal sebagai Pesantren Modern Gontor merupakan pelopor pesantren modern yang terinspirasi oleh Sir Syed Ahmad Khan, founder Aligarh Muslim University di India yang melakukan modernisasi pendidikan Islam. Sebelumnya, pesantren ini bernama Ponpes Darussalam Gontor. Setelah namanya diubah, banyak masyarakat di perkotaan yang tertarik untuk memasukkan anaknya ke sana. Kini, pesantren ini mendirikan Kulliyatul Mu’alimin Al-Islamiah (KMI) yang setara dengan Sekolah Menengah, Institut Studi Islam Darussalam (ISID) yang disebut Darussalam University yang menyelenggarakan pendidikan hingga jenjang S3.

2. Pesantren Langitan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"