Polemik Ujian Kelulusan SMA/SMK dan Hasil SNMPTN: Pusing Kepala Calon Mahasiswa

Polemik Ujian Kelulusan SMA/SMK dan Hasil SNMPTN: Pusing Kepala Calon Mahasiswa

Akhir tahun pelajaran merupakan masa yang paling memusingkan siswa sekolah menengah atas yang akan menjadi mahasiswa.

Jika menyebut wajah pendidikan di Indonesia, seharusnya tingkat menengah atas adalah yang paling krusial. Alasannya di tingkat ini peserta didik memulai langkahnya sebagai warga bangsa yang resmi.

Maka dari itu polemik Ujian Nasional adalah isu yang selalu menyedot perhatian masyarakat. Seperti pada tahun 2018 ini yang mendatangkan polemik hingga berujung permintaan maaf Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Tingkat pendidikan dibawah menengah atas pun ikut terkena dampaknya. Dari beberapa komentar netizen polemik ini banyak mendapatkan reaksi. Tak sedikit yang mengutarakan kekuatiran tetapi ada juga yang tetap menunjukkan optimismenya menghadapi UNBK tingkat sekolah menengah bawah.

Meski masih berpolemik, para  siswa SMA biasanya lebih mengkuatirkan hasil ujian masuk perguruan tinggi. Pasalnya jenjang SMA masih dianggap hanya salah satu batu pijakan untuk kuliah di universitas.

Sementara itu hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negara (SNMPTN) mulai dapat dilihat hari Senin (23/4/2018) ini. Hanya, saat ini situs resmi tersebut masih melakukan perhitungan mundur hingga sore nanti. Selain melalui situs resmi tersebut, panitia SNMPTN juga menyertakan alternatif tautan lain melalui 12 laman perguruan tinggi berikut: Setidaknya ada ada 85 PTN yang membuka kesempatan SNMPTN tahun ini dan hasilnya dapat dilihat sore ini.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"