PM Wanita Pertama Swedia Mundur Tiba-Tiba, Padahal Belum Sehari Menjabat

PM Wanita Pertama Swedia Mundur Tiba-Tiba, Padahal Belum Sehari Menjabat

Perdana Menteri (PM) wanita pertama Swedia, Magdalena Andersson, mendadak mundur dari jabatannya. Padahal, ia baru saja diresmikan menjabat beberapa jam sebelum pengunduran diri. Berikut adalah beberapa alasannya.

# Dua alasan yang mendorong pengunduran diri Andersson

Ada alasan kenapa Andersson memutuskan untuk mundur. Pertama adalah karena partai koalisinya yaitu Greens party yang juga mengundurkan diri dari pemerintahan. Alasan kedua adalah soal anggaran yang diajukan oleh Andersson ditolak oleh parlemen.

Magdalena Andersson, Perdana Menteri Swedia pertama yang cuma menjabat beberapa jam (via idntimes.com)

Sebaliknya, parlemen justru menyetujui anggaran yang diajukan oleh partai oposisi, yang merupakan partai sayap kanan yang mendukung anti-imigran. Greens Party lalu mengatakan jika mereka gak bisa menerima anggaran yang sudah dirancang oleh partai sayap kanan itu.

# Andersson tak mau legitimasi pemerintahannya dipertanyakan

Andersson memutuskan untuk mundur ketimbang legitimasi pemerintahannya jadi dipertanyakan. Di satu sisi, ia juga memiliki praktik konstitusional yang mengharuskan dirinya mundur. 

"Ada praktik konstitusional bahwa pemerintah koalisi harus mengundurkan diri ketika satu partai mundur," tutur Andersson.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"