Pluto Ditemukan oleh Clyde Tombaugh yang Suka Bikin Teleskop Sendiri

Pluto ditemukan oleh Clyde Tombaugh

Taukah kalian siapa penemu Pluto yang tadinya dianggap sebagai planet? Dia adalah Clyde William Tombaugh. Clyde lahir di Streator, Illinois, AS pada 4 Februari 1906.

Clyde pada tahun 1928 ditawari pekerjaan di Lowell Observatory di Arizona dimana dia menemukan Pluto. Kemudian, di tahun 1934, dia menikahi Patricia Edson. Mereka dikaruniai 2 anak, Annette dan Alden.

Dia merupakan lulusan S1 dan S2 di bidang astronomi, University of Kansas. Clyde bekerja di Lowell Observatory hingga kemunculan Perang Dunia II. Di masa itu, dia dipanggil untuk mengajar navigasi pada Angkatan Laut AS di Arizona State College.

Planet Pluto ditemukan Tombaugh (telegraph.co.uk)

Setelah perang selesai, dia bekerja di laboratorium penelitian White Sands missile Range di New Mexico.

Di tahun 1955 sampai pensiun pada 1973, Clyde mengajar di New Mexico State University. Dia akhirnya meninggal pada 17 Januari 1997 di Las Cruces, New Mexico.

Suka Bikin Teleskop

Ada yang menarik dari Clyde Tombaugh. Karena merasa ada yang kurang dengan teleskop yang dibelinya di toko, dia pernah membuat teleskop sendiri. Waktu itu, usianya masih 20 tahun loh.

Clyde Tombaugh, penemu Pluto (physics.ku.edu)

Nah, selama hidupnya, Clyde telah membuat lebih dari 30 teleskop. Nah, pada tahun 1928 sebelum mendapatkan pekerjaan, dia mendatangi Lowell Observatory. Itu dilakukannya agar dapet feedback dari astronomer profesional soal pengamatannya.

Bukannya dapet feedback, Clyde Tombaugh malah ditawari pekerjaan di Lowell Observatory. Saat itu, emang pihaknya sedang mencari astronomer untuk mengoperasikan teleskop photographic baru untuk mengamati Planet X yang misterius.