Pisang Adalah Buah Beri Sedangkan Strawberry Bukan, Kok Bisa?

Pisang Adalah Buah Beri Sedangkan Strawberry Bukan, Kok Bisa?

Selama ini kita selalu menyebut pisang tumbuh dari pohonnya. Namun, tahukah kamu bahwa pohon pisang itu sebenarnya tidak ada. Selama ini kita sebut dengan pohon pisang ternyata bukanlah pohon karena batang pisang tidak berkayu atau termasuk tanaman herba.

Pisang termasuk golongan rerumputan di mana batangnya mengandung banyak air. Sedangkan buahnya termasuk ke dalam kelompok buah beri. Maka secara teknis (botanis) yang kalian makan dari pohon pisang adalah beri.

Pisang ternyata keluarga beri (medicalnewstoday.com)

Negara-negara barat pada umumnya mengaitkan istilah "berry" dengan buah-buahan kecil dan berair, tetapi menurut definisi botani dari buah beri, sebenarnya pisang memenuhi syarat sebagai buah beri. 

Buah beri mewakili semua buah yang semuanya (daging buah, biji, dan kulit) dihasilkan dari satu ovarium. Ini berarti bahwa biji buah tersebut bercampur dengan daging, bukannya disegel dengan inti (seperti pomes antara lain pir atau apel).

Kulit buah adalah dinding ovarium yang sebenarnya. Secara umum juga diterima bahwa semua bagian buah beri dapat dimakan (juga tidak seperti pomes, biji-bijiannya sering mengandung senyawa sianida).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"