Pink Supermoon April 2020, Purnama Terbesar dan Paling Terang Tahun Ini

Pink Supermoon April 2020, Purnama Terbesar dan Paling Terang Tahun Ini

Ada kejadian unik di angkasa bulan ini loh gengs. Bulan purnama terbesar dan paling terang tahun 2020 ini. Kalau kelewatan gak ada kesempatan kedua gengs.

Supermoon pink, fullmoon paling gede terjadi pada tanggal 7 April 2020. Full mooon kali ini bakalan menjadi bulan purnama pertama di musim semi.

Orbit bulan yang tidak rata, yang lebih berbentuk elips atau oval daripada lingkaran. Setiap orbit membutuhkan waktu 27,3 hari untuk menyelesaikan dan termasuk perigee, yang merupakan titik pendekatan terdekat dan apogee, titik yang paling jauh.

Fullmoon terbesar terjadi April 2020 (thesun.ie)

"Apa yang biasa disebut supermoon terjadi ketika bulan datang paling dekat dengan kita, di perigee, dan entah itu pada bulan purnama atau fase bulan baru," kata Tania de Sales Marques, seorang astronom dengan Royal Observatory, Inggris.

"Jadi bulan purnama juga merupakan supermoon ketika fase penuh bertepatan dengan perigee," lanjutnya.

"Bulan purnama yang bertepatan dengan perigee adalah acara tahunan, tetapi karena supermoon tidak didefinisikan secara ketat, ambang batas untuk apa yang dianggap supermoon dapat bervariasi termasuk juga bulan purnama yang mendekati perigee. Definisi yang lebih santai ini dapat memberi kita lebih banyak dari satu supermoon per tahun."

Orbit bulan (scienews.com)

Menurut Royal Museums Greenwich, bintang-bintang muncul hingga 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada bulan purnama pada titik terjauhnya, apogee. Namun, mereka hanya sedikit lebih besar dari bulan purnama biasa, kata de Sales Marques. Jadi perbedaannya mungkin tidak terlihat oleh sebagian besar pengamat.

"Bulan purnama di perigee hanya 7 persen lebih besar dari bulan purnama biasa, jadi perbedaan ukurannya tidak terlihat, namun itu tampak sedikit lebih terang dari biasanya," kata de Sales Marques.

Supermoon April adalah yang kedua dari tiga yang terjadi berturut-turut, setelah super worm bulan Maret dan sebelum bulan flower supermoon bulan Mei, yang akan berlangsung pada tanggal 7 Mei.

Berkat posisinya, bulan April akan menjadi yang terbesar dan paling terang dari dari ketiga supermoon itu. Menurut The Old Farmer's Almanac, satelit Bumi akan mendekati 221.800 mil dari permukaan bumi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"