Perusahaan Asing di Indonesia Merugikan atau Menguntungkan? Berikut Penjelasannya

Perusahaan Asing di Indonesia Merugikan atau Menguntungkan? Berikut Penjelasannya

Perusahaan asing di Indonesia semakin merajalela. Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah. Sumber daya alam yang dimiliki Indonesia dijadikan sebagai bahan baku yang berkualitas. Para pihak asing tak perlu mencari bahan-bahan baku di tempat lain, karena di Indonesia telah tersedia.

Selain itu, penduduk Indonesia yang begitu besar. Membuat peluang pemasaran  atas produk barang dan jasa. Tenaga kerja pun tergolong masih sangat murah, upah-upah para buruh tak semahal di negara lain. Hal ini, semakin menggiurkan para pihak asing untuk mendirikan perusahaan di Indonesia. 

Sebenarnya, ada beberapa keuntungan atas berdirinya perusahaan asing di Indonesia, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia

1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia Masyarakat sejahtera (readyygo.blogspot.com)

Perusahaan asing di Indonesia memang menambah kesejahteraan, hal ini karena Indonesia tak perlu mendatangkan barang luar negeri, karena di dalam negeri telah ada produk yang diproduksi.

2. Meningkatkan pendapatan negara yang berkembang ini

Loh kok bisa? Ternyata, perusahaan asing di Indonesia bisa meningkatkan pendapatan negara, ini karena negara mendapat pajak dari perusahaan tersebut.

3. Mengurangi jumlah pengangguran

3. Mengurangi jumlah pengangguran Menurunkan jumlah pengangguran (bisnistempo.co)

Meskipun dengan upah yang jauh dari kata tinggi, setidaknya ada banyak orang yang bisa mendapat pekerjaan di perusahaan asing tersebut.

Nah, setelah mengetahui keuntungan perusahaan asing di Indonesia, berikut adalah kerugian yang didapatkan Indonesia beserta penduduknya, akibat adanya perusahaan asing di Indonesia:

1. Mencemari lingkungan

1. Mencemari lingkungan Pencemaran lingkungan (industri12nurhayadi.blogspot.com)

Banyak perusahaan yang ceroboh dan menimbulkan pencemaran lingkungan. Mulai dari pencemaran air, udara hingga air laut. Pencemaran lingkungan sangat meresahkan, ini akan berbahaya sekali bagi kondisi Indonesia. Lingkungan yang tercemar, dapat menyebabkan bahaya bencana yang tak terelakkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"