Perilaku Lumba-Lumba, Selama Ini Mereka Dinilai Cerdas Nyatanya ...

Perilaku Lumba-Lumba, Selama Ini Mereka Dinilai Cerdas Nyatanya ...

Kita manusia cenderung dengan sombong menganggap kecerdasan kita melampaui dan melampaui batas hewan apa pun. Namun, hewan lain, termasuk lumba-lumba, menunjukkan banyak tanda kecerdasan dan pemikiran kompleks loh?

Hayo.. kira-kira cerdas mana manusia dan lumba-lumba? Wkwkwk

Jelas bahwa kecerdasan manusia memiliki dampak besar di planet kita. Penggunaan alat dan komunikasi udah menciptakan budaya dan teknologi yang kompleks. Kecerdasan manusia telah memungkinkan banyak hal menakjubkan.

Lumba-lumba (mentalfloss.com)

Meskipun manusia adalah hewan yang sangat cerdas, sulit untuk menunjukkan sifat-sifat yang membedakan kecerdasan kita dari hewan lain. Hewan lain dapat menggunakan alat, berkomunikasi, dan bahkan mengalami emosi yang kompleks.

Pertanyaan yang lebih baik daripada apakah lumba-lumba itu pintar atau tidak. KIta bakalan membahas kok bisa sih lumba-lumba itu dimasukkan dalam kategori hewan cerdas?

Tes kecerdasan yang populer adalah "tes cermin" yang menguji apakah hewan mengakui refleksi mereka. Tes ini menunjukkan kesadaran diri. Perilaku lain seperti komunikasi dan penggunaan alat adalah tanda-tanda kecerdasan. Perilaku sosial dan emosi yang kompleks juga dianggap sebagai tanda kecerdasan.

Mendefinisikan kecerdasan pada hewan itu emang sulit. Teknik pemecahan masalah suatu spesies sangat bervariasi berdasarkan situasi yang mereka hadapi.

Lumba-lumba hidup bersosial juga (cabo-adventures.com)

Lumba-lumba punya banyak perilaku cerdas. Mereka adalah hewan yang sangat sosial dengan komunikasi dan hubungan yang kompleks. Lumba-lumba dapat menyampaikan informasi antar generasi, keterampilan mengajar kepada keluarga besar mereka!

Indikator kecerdasan populer lainnya adalah berdasarkan pada ukuran otak. Rasio massa tubuh terhadap otak adalah indikator umum kecerdasan.

Rasio ini disebut "ensefalisasi quotient" (EQ) dan diukur dalam beberapa cara yang berbeda. Ini sering secara akurat menunjukkan spesies yang manusia anggap "cerdas," tetapi jauh dari sempurna. LUmba-lumba punya EQ no 2 setelah manusia.

Lumba-lumba dan paus menunjukkan banyak tanda kecerdasan dan pemikiran kompleks. Kelompok mamalia akuatik ini (Cetacea) menggunakan alat, berkomunikasi, dan bahkan mengadakan pemakaman! Di penangkaran, spesies ini dapat dilatih untuk melakukan tugas yang kompleks dan bahkan mengenali simbol.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"