Pergi Haji, 8 Orang Inggris Bersepeda dari London ke Mekkah

Pergi Haji, 8 Orang Inggris Bersepeda dari London ke Mekkah

Demi pergi haji, 8 orang Inggris bersepeda dari London ke Mekkah. Hebat juga ya ....

Pergi haji sebenernya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kalo mau cepet ya terbang naik pesawat, tapi kalo suka perjalanan laut ya naik kapal dong. 

Cuma sekarang, orang-orang jelas lebih memilih penerbangan sebagai moda transportasi menuju Tanah Suci ya. Padahal orang-orang jaman dulu perlu berbulan-bulan untuk tiba di Mekkah menggunakan kapal laut.

Perjalanan mereka emang epik banget nih (Twitter @TourdeHajj)

Tapi ada cara lain, lewat jalur darat. Naik mobil? Bisa sih, tapi gimana kalo naik sepeda aja?

Ya, cara ini dilakukan delapan jemaah haji asal Inggris yang tiba di Arab Saudi pada Sabtu, 10 Agustus 2019 lalu. Mereka bersepeda dari London menuju Mekkah sejauh 4.000 mil atau 6.500 kilometer dan menghabiskan waktu 60 hari. Dua bulan!

Seperti dikutip dari Liputan6.com, mereka menamai kelompok pesepeda itu sebagai 'Tour de Hajj'. Dari London, mereka bersepda melintasi 17 negara untuk tiba di Tanah Suci.

(Twitter @BritishMuslimTV)

https://twitter.com/BritishMuslimTV/status/1159056262417588225

"Perjalanan ini spiritual, dan meskipun ada kesulitan, itu tetap salah satu perjalanan yang paling indah," kata Taher Akhtar, pemimpin tim Tour de Hajj.

Akhtar bercerita tentang kesulitan-kesulitan yang dialami dia dan timnya selama perjalanan untuk pergi haji. Beberapa kesulitan itu antara lain cuaca yang tak menentu, hujan, badai, kelembaban, serta kekurangan oksigen. Selain itu, jalan-jalan yang keras serta binatang liar dan buas juga menjadi kendala.

Perjalanan mereka waktu di Mesir (Facebook Tour De Hajj)

Sebelum 'Tour de Hajj' terlaksana, Akhtar sendiri pernah memimpin perjalanan ke Mekkah untuk haji. Tentu saja dengan cara bersepeda gengs. Di balik itu, Akhtar juga mengatakan bahwa perjalanan ini memiliki misi penting.

Orang-orang yang berpartisipasi dalam 'Tour de Hajj' ini juga ingin menyampaikan pesan bahwa: "Islam adalah agama perdamaian dan toleransi di antara negara-negara yang kami lewati," katanya.

Tiba juga di Madinah, disambut pula (Facebook Tour De Hajj)

Dengan bersepeda menuju Tanah Suci ini, mereka juga berharap untuk bisa memanfaatkan perjalanan mereka sebagai misi menggalang amal. Otoritas Arab Saudi pun memberi mereka sambutan hangat ketika mereka tiba. Mereka disambut oleh Ketua Masyarakat Kebudayaan dan Seni, Mihsaal Al Touhami, di Madinah.

Di samping itu, kelompok 'Tour de Hajj', yang meminjam istilah balap sepeda tahunan terkenal 'Tour de France' ini, juga diterima dengan baik oleh penduduk setempat. Termasuk para penggemar sepeda yang memberikan sambutan secara tradisional kepada mereka.

(Twitter @pennyappeal)

https://twitter.com/pennyappeal/status/1158777067988750336

Kebayang nggak tuh gimana betisnya bersepeda dari London ke Mekkah? Tapi syukurlah mereka selamat ya untuk pergi haji tahun ini. Kalian tertarik untuk nyobain juga?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"