Perbedaan Kura Kura dan Penyu yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan Kura Kura dan Penyu yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan kura kura dan penyu kini bisa kamu ketahui dengan sangat  mudah gengs. Tak perlu pusing-pusing lagi buat bingung bedain dua hewan serupa ini.

Memang sih, kalau dilihat sepintas, kedua hewan ini memiliki banyak banget kemiripan. Namun, kalau kamu lihat dengan teliti, kamu bakal lihat banyak pula perbedaan kura kura dan penyu. 

Mungkin buat kamu yang pencinta hewan, apalagi yang memelihara kura kura atau penyu, pasti sudah sangat hafal bedanya kura kura dan penyu. Tapi buat yang nggak tahu, bakalan galau abis.

Langsung aja yuk, simak Perbedaan kura kura dan penyu dari berbagai sisi.

1. Dari segi habitatnya

1. Dari segi habitatnya Lautan tempat penyu (gadis.co.id)

Penyu adalah hewan yang hidupnya berada di air dan khususnya di lautan. Penyu akan mencari daratan hanya saat ia bertelur saja gengs. Nah, usai telurnya keluar. Penyu bakalan kembali ke lautan lagi dan meninggalkan tukik atau calon anaknya. Kasihan sih, tapi memang begitu jalan dan kebiasaannya.

Kalau kura kura, merupakan hewan yang hidup di daratan dan juga air tawar. Berbeda dengan penyu, kura kura akan melindungi anak-anaknya setelah 80 hari ia menetaskannya dari telur.

2. Dilihat dari segi usia

2. Dilihat dari segi usia Jhonatan kura kura tertua di dunia (bobo.grid.id)

Perbedaan kura kura dan penyu  berikutnya bisa kita lihat dari segi usia. Untuk penyu, rata-rata bisa bertahan hidup sekitar 60 hingga 70 tahun. Berbeda dengan kura kura, ia mampu hidup lebih panjang, yaitu sekitar 8 hingga 150 tahun.

3. Dilihat dari struktur tubuh

3. Dilihat dari struktur tubuh Penyu pandai berenang (eko-geo.blogspot.com)

Kita juga bisa lihat perbedaan kura kura dan penyu dari struktur tubuhnya, ya meskipun hampir sama, makanya kita harus mencermati bedanya.

Untuk penyu, karena ia menghabiskan banyak waktu di dalam air, hal itu bikin penyu bisa berenang dengan sangat baik dan efektif. Penyu punya sirip, cakar yang panjang guna membantu memanjat permukaan dan kaki yang berselaput.

Sedangkan kura kura, ia mempunyai cangkang yang berbentuk layaknya kubah gengs, cangkang ini begitu kokoh. Dan berfungsi untuk melindungi dirinya dari para pemangsa jahat. Kaki kura kura memang pendek, namun memiliki kekuatan yang kokoh dan cakarnya juga panjang.

4. Dilihat dari makanan

4. Dilihat dari makanan Kura kura hewan herbivora (peneliti.id)

Perbedaan kura kura dan penyu yang terakhir bisa dilihat dari makanan apa saja yang dikonsumsi keduanya. Kura kura termasuk hewan herbivora yaitu pemakan tumbuhan. Sedangkan penyu merupakan hewan omnivora, yaitu pemakan segalanya. Ia bisa memakan hewan, tumbuhan, ikan-ikan kecil, serangga dan ubur-ubur.

Demikianlah perbedaan kura kura dan penyu yang bisa kamu cermati gengs. Udah nggak bingung lagi kan? Kalau masih penasaran, mending beli sekalian deh. Biar sekalian memelihara gituuh....

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"