Perbedaan Influencer dan Content Creator yang Sering Dianggap Sama

Perbedaan Influencer dan Content Creator yang Sering Dianggap Sama

Kini, mulai banyak profesi baru yang muncul di era teknologi informasi yang canggih. Profesi-profesi tersebut tentu dulu belum ada karena dulu teknologinya pun belum ada.

Beberapa profesi yang zaman dahulu gak ada misalnya: YouTuber, web developer, desainer gadget, gamer, games desainer, animator, dan sebagainya.

Profesi-profesi tersebut memang mengandalkan kemajuan teknologi dan gadget yang canggih. Jadi, maklum jika dulu profesi tersebut belum ada. Lha alatnya aja belum ada kok!

Lalu, bagaimana dengan profesi influencer dan content creator? Sebenarnya apa sih beda kedua profesi tadi? Simak penjelasannya di artikel ini ya!

Beda Influencer dan Content Creator

Di era digital, bukan hal yang baru lagi buat kita mendengar profesi seseorang sebagai content creator atau influencer. Apalagi dengan banyaknya media sosial yang ada saat ini. Semakin banyak pula orang yang menjadikan dua profesi tadi jadi mata pencaharian. 

Para beauty influencer di Indonesia (radarbanyumas.disway.id)

1. Influencer

Kalau diartikan secara harfiah memang influencer adalah orang yang bisa memberikan pengaruh atau mempengaruhi orang lain. Namun, pada dasarnya, influencer bisa juga dimaknai sebagai selebritis. 

Karena selebritis adalah orang yang dikenal luas atau public figure. Tentu mereka bisa lebih mudah memberi pengaruh pada orang banyak. Itulah mengapa mereka disebut influencer.

Beda dengan selebritis layar kaca atau film. Influencer merupakan selebritis media sosial. Mereka membangun citra dari awal hingga kemudian dikenal banyak orang melalui media sosial.

Tapi tak jarang juga influencer ini kemudian digandeng oleh pihak televisi atau production house untuk tampil di acara televisi dan menjadi entertainer. Melalui media sosial, influencer biasanya mengajak followers mereka untuk mengenal atau mengikuti keseharian mereka. Salah satunya dengan vlog.

Nah, dilihat dari jumlah pengikut. Influencer dibagi menjadi dua kelompok. Influencer mikro yaitu influencer yang memiliki setidaknya 100.000 follower. Sedangkan influencer makro adalah mereka yang punya jangkauan lebih luas dan jumlah follower lebih banyak dari yang mikro.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"