Penyebab Kenapa Kamu Nggak Pernah Merasa Bahagia

Penyebab Kenapa Kamu Nggak Pernah Merasa Bahagia

Pernah nggak sih berpikir kenapa ya kamu nggak pernah ngerasain bahagia? Padahal kayaknya orang-orang bahagia aja deh, tapi kamu nggak. Untuk menemukan alasan kenapa kamu nggak bahagia, salah satunya bisa dilakukan dengan introspeksi diri. Jangan-jangan, diri kamu sendiri yang bikin kebahagiaan terasa jauh. 

Yuk cari tahu apa sih penyebabnya sampai kamu merasa nggak bahagia.

Kamu terlalu sering mengeluh (garyvaynerchuk.com)

Mengeluh

Gimana mau ngerasa bahagia kalau kamu punya kebiasaan mengeluh? Hidup itu nggak selalu menawarkan kemudahan dan selalu terjadi sesuai harapanmu. Justru ini lho seninya menjalani kehidupan. 

Sebaiknya, jalani sama setiap susah dan senangnya kehidupan dan nggak perlu dikeluhkan, sehingga pada akhirnya kamu pun tetap bisa merasa bahagia walau hidupmu sebenarnya nggak sempurna. 

Kurang bersyukur

Bersyukur sebenarnya sudah jadi kunci utama kamu bisa bahagia. Syukuri apa yang kamu punya saat ini, termasuk kesehatan, pekerjaan, keuangan, barang-barang yang kamu punya, pasangan yang baik, keluarga yang sehat, cuaca dan udara yang nyaman, tempat tinggal layak, makanan yang enak, dan sebagainya. 

Dengan bersyukur, kamu akan merasa diberikan kebaikan di berbagai aspek kehidupanmu. Jadi kamu nggak hanya terpaku di keinginanmu yang belum tercapai saja.

Nggak perlu membandingkan diri dengan orang lain (luminositymobile.com)

Membandingkan diri

Stop kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Apalagi di era media sosial saat ini, rasanya makin gampang buat ngelihat apa orang bahagia atau nggak, padahal belum tentu benar lho atau kamu pun nggak tahu ada cerita apa di balik foto itu. 

Misalnya, temanmu kelihatannya jalan-jalan ke luar negeri tersebut, tapi apa iya dia merasa bahagia? Belum tentu. Kemudian, sementara kamu lagi jomblo, eh temanmu yang lain sering pamer pacarnya yang loyal dan terlihat manis, tapi siapa yang tahu kalau itu cuma pencitraan? 

Kalau ingin bahagia, nggak perlu membandingkan diri sendiri sama orang lain. Percaya aja kalau kamu bahagia dan akan selalu bahagia. 

Menyenangkan orang lain

Kamu mungkin terbiasa untuk mendahulukan kepentingan orang lain agar nggak dibilang egois. Padahal yang jauh lebih penting itu diri kamu sendiri lho. Nggak perlu melakukan apa kata orang, nggak perlu menjadi seseorang yang disukai orang lain padahal nggak kamu banget. 

Jadilah dirimu sendiri dan berbahagialah.

Eskpektasi (alveolacademy.com)

Ekspektasi kamu ketinggian

Coba deh turunin ekspektasi kamu. Memang sih kamu boleh-boleh saja berharap segala hal berakhir baik-baik saja, tapi kalau ekspektasi ketinggian, malah bahaya lho bisa bikin kamu down, nggak bersemangat, menyalahkan diri sendiri, dan berujung mengalami perasaan nggak bahagia.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"