Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tak Sedap, Mudah Kok!

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tak Sedap, Mudah Kok!

Seringkali bau tak sedap muncul sehabis kamu mengenakan sepatu seharian. Jika bau itu tercium di rumah, tentu nggak ada masalah.

Nah, problem muncul manakala kamu harus mampir ke rumah teman atau saudara. Apalagi kalo sampai kamu diminta untuk melepaskan sepatu, tentu bakal jadi nggak karuan hatimu.

Sepatu bau tak sedap (kompas.com)

Akibatnya, keki, malu, dan semua jenis perasaan pun bercampur aduk. Lalu, kamu pun tentu lebih memilih pulang daripada menahan posisi nggak nyaman seperti itu.

Penyebab bau sepatu

Nggak peduli apa pun jenis sepatu yang kamu kenakan; entah berharga murah atau mahal. Entah itu beli di mall atau pinggir jalan. Bau sepatu bakal jadi masalah yang selalu mengancam.

Dan mengenali penyebab dari bau bisa jadi salah satu langkah untuk mengurangi kemungkinan kamu mengalaminya.

Dilansir dari berbagai sumber, penyebab utama dari bau tak sedap sepatu adalah kelembapan. Bisa karena keringat, atau terguyur air hujan tanpa pernah dijemur hingga benar-benar kering.

Bau tak sedap pada sepatu (daunapi.com)

Padahal, bagian dalam sepatu sangat mudah untuk menjadi lembab. Dan jika sudah lembab, tentu bakteri penyebab bau jadi makin mudah untuk berkembang biak.

Maka dari itu, menjaga agar sepatu selalu dalam keadaan kering adalah langkah pertama untuk menghilangkan bau sepatu. Langkah selanjutnya? Scrolling terus aja, ya.

Cara menghilangkan bau pada sepatu

Cara pertama yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan kopi bubuk. Langkahnya mudah, cukup isi kaos kaki yang sudah nggak dipakai dengan kopi bubuk. Ikat agar tidak tumpah, lalu letakkan aja di dalam sepatu.

Nah, biarkan kaos kaki berisi kopi itu di dalam sepatu semalaman. Nantinya, bubuk kopi bakal menyerap bau tidak sedap dari sepatumu, lho.

Bau sepatu tak sedap (beautynesia.id)

Cara kedua adalah meletakkan sepatu di dalam lemari es. Mungkin terkesan aneh, tapi nyata, lho! Selain itu, banyak orang juga sudah membuktikan khasiatnya.

Langkahnya gampang, kok. Cukup letakkan aja sepatumu yang bau ke dalam lemari es. Nah, terrnyata, udara dingin bisa menghilangkan bau tidak sedap dari sepatu.

Eits, sebelum memasukkan sepatu, pastikan tak ada makanan di dalam lemari es, ya. Kamu tentu nggak pengin buat orang tua ngamuk, kan?

Menghilangkan bau pada sepatu menggunakan bahan kimia

Untuk mendapatkan hasil yang cepat, kamu juga bisa menggunakan bahan kimia. Tentu, dalam penerapannya harus dilakukan secara hati-hati.

Bau tak sedap (hipwee.com)

Bahan kimia pertama yang bisa kamu gunakan adalah pemutih pakaian. Campurkan aja menggunakan air mendidih. Dijamin deh, bahan kimia ini bakal membunuh bakteri penyedap bau.

Jika dirasa masih kurang manjur, gunakan spiritus. Cukup campurkan dengan air, lalu semprotkan ke bagian dalam sepatu. Nantinya, spiritus bakal memusnahkan seluruh bakteri penyebab bau.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"