Penting untuk Fresh Graduate, Ini Skill yang Harus Dimiliki Menyambut Dunia Kerja

Penting untuk Fresh Graduate, Ini Skill yang Harus Dimiliki Menyambut Dunia Kerja

Dunia kerja menjadi tantangan baru bagi para lulusan baru sebuah perguruan tinggi. Ketika memasuki dunia kerja, seorang fresh graduate diibaratkan bayi yang baru lahir. Hal ini dikarenakan mereka belum mempunyai pengalaman dan jam terbang di bidang pekerjaannya.

Selain pengalaman, hal yang lebih penting adalah skill untuk memulai meniti karier. Skill atau keterampilan meliputi hard skill dan soft skill. Hard skill berupa keterampilan yang didapatkan dari pengalaman atau pendidikan formal. Sedangkan soft skill adalah kepribadian, kemampuan berkomunikasi, dan sebagainya.

Kedua jenis skill tersebut bisa didapatkan sejak masih kuliah. Lalu apa saja sih hard skill dan soft skill yang harus dimiliki fresh graduate untuk memasuki dunia kerja? Mari kita simak daftarnya berikut ini.

1. Mahir Menggunakan Teknologi Modern

https://www.pexels.com/

Pada era serba digital seperti saat ini, hampir seluruh komponen pekerjaan melibatkan teknologi modern termasuk komputer. Oleh karena itu, fresh graduate harus memahami pengetahuan dasar tentang ilmu komputer serta mampu mengoperasikannya. Tak hanya komputer, pemahaman tentang gadget juga penting. Sebab seringkali dalam pekerjaan ada presentasi dan data yang harus dilaporkan secara jelas.

2. Menguasai Media Sosial



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"